ANALISIS PERFORMANSI KONGESTI PADA JARINGAN WCDMA

SOFIA AQUINA SIMATUPANG

Informasi Dasar

611041031
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi WCDMA (Wide-band Code Division Multiple Access) merupakan suatu teknologi yang memungkinkan banyak user mengakses informasi dalam frekuensi dan waktu yang sama. W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) merupakan salah satu evolusi generasi ketiga (3G) dari jaringan mobile yang memiliki karakteristik utama yaitu menawarkan kecepatan tinggi (high-speed) sampai 2 Mbps, digunakan untuk seluruh aplikasi mobile, mendukung terhadap transmisi data dari packed-switched dan circuit switched, untuk pita lebar (broadband) dan menawarkan efisiensi spektrum yang tinggi.
Setiap panggilan yang ditawarkan masuk ada yang menunggu sampai batas waktu tertentu, dan ada yang dibloking. Call fail tinggi atau rendah dapat dilihat salah satunya dari kongesti. Pada WCDMA tidak ada pembagian frekuensi, karena setiap sel memiliki frekuensi yang sama tetapi WCDMA memiliki perbedaan RF (Radio Frekuensi) environment dibandingkan dengan teknologi GSM (Global System for Mobile Communications) yang merupakan generasi kedua seperti perbedaan frekuensi, penggunaan kanal frekuensi, metode akses, design antena. Perbedaan ini mengakibatkan perbedaan tindakan dalam mengatasi performansi jaringan khususnya kongesti dan blocking call.
Proyek Akhir ini berisi tentang analisis performansi kongesti pada jaringan WCDMA yaitu di UTRAN pada sisi UE dan Node B. Dasar dari data yang diperoleh di analisis seperti Prx Noise, power control, ketersediaan sel, dan simulasi dari drive test juga akan ditampilkan untuk menunjukkan adanya kongesti. Penggunaan satu kanal frekuensi bersama pada WCDMA menyebabkan kemudahan pada perencanaan frekuensi tetapi dilain hal diperlukan menjaga noise pada level tertentu. Hasil statistik analisis ini untuk dapat dioptimasi pada jaringan akses 3G untuk menurunkan kongesti dengan cara parameter (software setting) dan settingan hardware.Kata Kunci : /ABSTRACT: WCDMA (Wide-band Code Division Multiple Access) technology is one of technology that take many users to access information in same time and frekuensi. W-CDMA (is known as UMTS) is evolution third generation(3G) from mobile network that have main characteristics, they are offer high speed (high-speed) up to 2 Mbps, used for all mobile application, support about data transmission from packed-switched and circuit switched, to broadband and offer high spectrum efficient.
Every call that offered come in there is either waiting till certain time limit, or facing blocking. High or low call fail showed one by congestion. At WCDMA there is not frequency division, cause every cell have same frequency but WCDMA have RF (Radio Frekuensi) environment different from GSM(Global System for Mobile Communications) technology like difference of frequency, using canal frequency, access method, antenna design. These different have consequence different action in facing network performance especially congestion and blocking call.
This Final Project contain about performance analysis of congestion on WCDMA network that is in UTRAN at UE and Node B. Basis of data is analyzed like Prx Noise, power control, cell availability, and simulation of drive test will show there is a congestion. Using a frequency canal together at WCDMA caused simple plan of frequency beside we need it for keep the noise on special stage. The result of analyze and statistic could be optimized in 3G to reduce congestion like how to software setting (parameter) and hardware setting. iiKeyword: /

Subjek

Otomation
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI KONGESTI PADA JARINGAN WCDMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SOFIA AQUINA SIMATUPANG
Perorangan
Nachwan Mufti, ARYANDI APRILIANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini