RANCANG BANGUN OSILATOR SINUSOIDA 2000±500 MHz

HENA CHRISTINA TARIGAN

Informasi Dasar

611041028
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam RF microwave system, khususnya pada perangkat receiver keberadaan Osilator merupakan hal yang sangat penting. Osilator pada receiver berfungsi sebagai pengubah daya elektrik searah menjadi aliran tukar. Pada proyek akhir ini osilator berfungsi sebagai sumber daya dan frekuensi. Osilator ini didemonstrasikan ke dalam perangkat Slotted Line untuk mengurangi beban instrumen yang mahal dan agar bisa bertahan lama.
Dalam Proyek Akhir ini telah dirancang dan direalisasikan sebuah prototipe Osilator Gelombang Mikro pada wilayah 2000 ± 500 MHz. Osilator dirancang pada daerah tidak stabil supaya dapat menghasilkan osilasi yang diinginkan. Osilator ini dirancang menggunakan transistor yang tidak stabil (stabil bersyarat) dari transistor BFR 91A. Dan komponen pasif misalnya resistor (R), kapaitor (C) dan induktor (L) direalisasikan dengan komponen diskrit. Osilator yang dirancang dan direalisasikan ini bersifat variabel.
Untuk mengetahui kinerja Osilator apakah sesuai dengan perancangan maka dilakukan suatu pengujian yaitu dengan membandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi perancangan. Dari hasil pengukuran, Osilator yang telah dirancang bangun dapat bekerja pada frekuensi 0,8873 GHz (pada tegangan 0V) dan 1,2561 GHz (pada tegangan 28V). Dari hasil pengukuran terjadi pergeseran frekuensi hal ini dikarenakan banyak faktor misalnya substrat yang digunakan, lebar dan panjang jalur rangkaian yang terlalu lebar, dan lain-lain.Kata Kunci : -ABSTRACT: In RF microwave system, especially on receiver, the existing oscillator is very important. It used to transforms DC to AC. On this final project the oscillator used as power and frequency supply. This instrument is demonstrated into slotted line to decrease instrument price and to make it stay longer
On this final project a prototype of microwave oscillator had been designed and realized on area of 2000 ± 500 MHz. The oscillator is designed on unstable area so it can produce the oscillation wanted. It is designed using unstable transistor that is BFR 91. And passive component like resistor, capacitor and inductor is realized using discrete component. This oscillator is variable.
To find out weather the oscillator is working as designed, a test has been done, by comparing the measurement result with design specification. From the measurement result, the oscillator can work on frequency of 0.8873 GHz (on 0V voltage) and 1.2561 GHz (on 28V voltage). From the result there is a frequency difference. This came out as a result many factors, such as the substrate that used, width and length of circuit that can b too long, etc.
Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

RANCANG BANGUN OSILATOR SINUSOIDA 2000±500 MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENA CHRISTINA TARIGAN
Perorangan
Soetamso, Teha Tearalangi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini