Perancangan Model Tempat Tidur Otomatis Berbasis Mikrokontroler

Riadissyakirin

Informasi Dasar

611041024
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Secara umum proses pengobatan dan kegiatan pasien di rumah sakit lebih banyak berada di atas tempat tidur karena fisiologis tubuh pasien paling aman dan nyaman untuk dilakukan pengobatan dalam posisi berbaring. Untuk ukuran nyaman yang dimaksud dalam konteks tersebut adalah bagaimana pasien itu ketika berada di tempat tidur memiliki keleluasaan dan kemampuan untuk pergerakan minor seperti menegakkan badan baik itu untuk keperluan makan minum atau keperluan lain yang tidak mudah dilakukan pada keadaan tertentu seperti pada saat setelah operasi, dan dalam hal menaikkan kaki yang cedera seperti patah dan dalam keadaan digips. Pada keadaan ini pasien bisa lebih fleksibel melakukan aktifitas minor tersebut secara mandiri dengan otomatisasi tempat tidur berbasis mikrokontroler.
Keseluruhan hasil akhir system dan alat pada Proyek Akhir dirancang dalam bentuk model yang merepresentasikan mekanisme kerja tempat tidur pasien otomatis sesungguhnya. Tempat tidur pasien berbasis mikrokontroller ini mempergunakan mikrokontroller AVR ATmega8535 dengan inputan keypad yang memiliki tomboltombol perintah berupa urutan nomor yang memberikan perbedaan reaksi pergerakan dan program pada keseluruhan sistem. LCD menampilkan besaran pergerakan tempat tidur dalam derajat dan panjang untuk masing-masing nomor yang ditekan pada keypad. Keluaran tegangan sistem minimum mikrokontroler sebesar 5 volt digunakan untuk menggerakkan gear yang terintegrasi dengan motor DC.
Kata Kunci : mikrokontroler AVR Atmega8535, sistem minimumABSTRACT: Treatment process and most patients’ activity generally take place on hospital bed due to the natural physiology of patients’ body; it’s safer and more comfortable to do therapy or other treatment mechanism by laying down on hospital bed. Any means contained by comfortable when laying down are how the patient is capable to freely and easily make any minor activities and slight movements such as raising head or back against hospital bed in order to be able to whether eat and drink which are hard to do after patient just having surgery, or raising fractured leg bones that are given plaster cast. Under these conditions, patient is supposed to do many things concerned about his/her minor activity independently by using automatic bed of microcontroller based.
Whole result of systems and tools in this final project are constructed in model design which represents the real instrument of automatic hospital bed based on microcontroller. This kind of bed construction program is mainly built by AVR ATmega8535 microcontroller, keypad gives input to the microcontroller with different alphabetical numbers which are also giving vary reactions to the whole devices and programs. LCD performs nominal degree and length of automatic bed movement along with different number pushed on keypad. Output voltage 5 volt from minimum system of microcontroller then used to move gears integrated with DC motor.Keyword: AVR ATmega8535 microcontroller, minimum system

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan Model Tempat Tidur Otomatis Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riadissyakirin
Perorangan
Achmad Rizal, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini