Penempatan Lokasi BTS di Kotamadya Bandung dengan Metode Fuzzy Logic

Hostiani Sembiring

Informasi Dasar

611041014
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: ABSTRAK

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi pada saat ini sangat menuntut permintaan layanan komunikasi yang semakin berkualitas, efektif dan efisien untuk memuaskan para konsumennya. Oleh karena itu, perusahaan telekomunikasi harus mampu meningkatkan kualitas jaringan komunikasinya khususnya dalam penempatan BTS di suatu lokasi tertentu.
Dalam proyek akhir ini, akan dibuat suatu simulasi atau sebuah sistem yang berbasiskan Sistem Informasi Geografis (GIS) yang dapat memvisualisasikan suatu penempatan BTS dengan coverage area tertentu. Dengan adanya sistem atau aplikasi ini diharapkan seorang kontraktor tidak perlu melakukan survey secara manual ke lokasi BTS yang ditargetkan oleh Project Owner tetapi dapat langsung menerapkan aplikasi ini khususnya yang berhubungan dengan analisis dibidang Radio Network Planning (RNP) dan Transmition Network Planning (TNP)nya. Dan melalui sistem ini juga, kita bisa mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan hanya dengan melihat visualisasi peta khususnya yang berhubungan dengan keadaan geografis suatu daerah. Sehingga diharapkan dapat mempermudah pekerjaan suatu kontraktor khususnya pada bagian surveyornya.
Analisis dalam penempatan BTS juga didukung oleh sebuah kecerdasan buatan yaitu fuzzy logic. Dengan menggunakan kecerdasan buatan fuzzy logic, kita dapat mengkategorikan suatu lokasi Central Point (CP) dari BTS planning yang telah dianalisis dari segi Radio Network Planning (RNP)nya apakah termasuk daerah yang potensial, cukup baik, kurang baik atau lokasi yang tidak disarankan sama sekali. Sehingga pihak kontraktor dapat mengambil suatu kesimpulan atau mencari pertimbangan-pertimbangan dalam penempatan suatu BTS yang pastinya harus sesuai dengan kebutuhan dari Project Owner yang ingin membangun BTSnya berdasarkan koordinat dummy yang diberikan sebagai koordinat acuan pada penempatan suatu BTS.Kata Kunci : Penempatan lokasi BTS, Fuzzy LogicABSTRACT: ABSTRACT

Nowadays, communication technology development increase rapidly so that communication servicing demand which has the best quality, effective, and efficient is required to satisfy every consumer. Because of that, every cellular companies have to increase communication network quality especially BTS placing in one specific area.
In this final project, we will make one simulator or one system which is based on Geographic Information System where it can visualize BTS placing with specific coverage area. With this application or system, we hope that an engineer does not need to survey one location manually which is targeted by Project Owner but an engineer can apply this application directly especially related with analyzing in Radio Network Planning (RNP) and Transmition Network Planning (TNP) sector. And with this system too, we will able to get information which are needed only by looking map visualization especially related with geographic surrounding in one area. So that, we will hope, it can simplify the job of engineer especially for surveyor.
Analyzing in BTS placing was supported by artificial intelligent that is fuzzy logic. Using artificial intelligent fuzzy logic, we can classify Central Point from BTS planning which had been analyzed from Radio Network Planning. We can classify BTS placing in four categories. They are potential location, good enough, good minus, or no suggested location. So that, engineer can take one conclusion or search considerations in BTS placing that must be fit with Project Owner requirement which is based on dummy coordinate that given as primary coordinate in BTS placing.Keyword: BTS location placing, Fuzzy Logic

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Penempatan Lokasi BTS di Kotamadya Bandung dengan Metode Fuzzy Logic
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hostiani Sembiring
Perorangan
Budi Prasetya, Bambang Sumajudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini