PEMBUATAN ALAT BANTU AJAR MATCHING IMPEDANCE DENGAN MENGGUNAKAN SMITH CHART

HOTMA ULI OCTAVIA TAMPUBOLON

Informasi Dasar

611041012
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pembuatan Alat Bantu Ajar Penyepadanan Impedansi dengan Smith Chart, merupakan suatu cara untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari penyepadanan impedansi dengan menggunakan Smith Chart. Dan dapat membantu dalam pelaksanaan praktikum di laboratorium Dasar Transmisi, dalam mata kuliah Elektromagnetika II, untuk S1 Teknik Telekomunikasi, dan Saluran Transmisi, untuk D3 Teknik Telekomunikasi.
Pembuatan Proyek Akhir, yang berjudul ”Pembuatan Alat Bantu Ajar Penyepadanan Impedansi dengan Menggunakan Smith Chart”, berupa perancangan simulasi dengan MATLAB 7.1.3. Simulasi ini berfungsi untuk memberikan gambaran dalam pemecahan masalah penyepadanan impedansi dalam saluran transmisi yaitu penggunaan Smith Chart dalam stub tunggal, stub ganda dan trafo ¼ lambda dalam saluran lossless. Untuk melihat manfaat dari simulasi ini telah dilakukan uji coba bagi mahasiswa STT Telkom yang telah mengambil Elektromagnetika II untuk S1 Telekomunikasi atau Saluran Transmisi untuk D3 Teknik Telekomunikasi, dan terbukti simulasi ini dapat membantu dalam materi pembelajaran perkuliahannya. Dan dilakukan pula perhitungan secara manual yang dapat memberikan gambaran perbandingan perhitungan manual dan perhitungan dengan alat bantu ajar ini. Dari kuesioner dapat diketahui bahwa mahasiswa menyetujui alat bantu ajar ini
ini dapat membantu dalam materi penyepadanan impedansi dengan Smith Chart. Dan dari perbandingan perhitungan manual dan alat bantu ajar diketahui perbedaannya tidak terlalu jauh.Kata Kunci : -ABSTRACT: The making of teaching assistive tool of Matching Impedance using Smith Chart is a way to enlighten the students in learning matching impedance using smith chart. It helps the students in practicum in Transmission Laboratory, in studying Electromagnetic Fields and Waves II (S1 Telecommunication Engineering) and Transmission Line (D3 Telecommunication Engineering).
In this Final Project, entitling ”The Making of Teaching Assistive Tool of Matching Impedance using Smith Chart”, is a simulation design with MATLAB 7.1.3. It is used to show us the way in solving matching impedance in transmission line using Smith Chart in single stub, double stub, and quarter wavelength transformer in lossless line. The making of this assistive tool is supposed to help the students in learning Smith Chart in Transmission Line. The test has been done for the students who have taken Electromagnetic Fields and Waves II or transmission line in order to see the its function. It is proved this simulation helps in learning those lessons. The calculation is also done manually to compare the result with the teaching assistive tool.
It is known from the questioner that the students agree this teaching assistive tool is helpful in matching impedance using smith chart. The calculation, both manual and using the tools, doesn’t show too much different.Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PEMBUATAN ALAT BANTU AJAR MATCHING IMPEDANCE DENGAN MENGGUNAKAN SMITH CHART
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HOTMA ULI OCTAVIA TAMPUBOLON
Perorangan
Arfianto Fahmi, Kris Sujatmoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini