perancangan jaringan koaksial guna mendukung berbagai layanan mulitimedia di asrama Stt Telkom bandung

bayu kaunang

Informasi Dasar

611040041
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sekolah Tinggi Teknologi Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi yang bergerak dalam bidang telekomunikasi. Sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mengkhususkan pendidikannya pada bidang teknik dan manajemen telekomunikasi, STT TELKOM diharapkan mampu menyiapkan tenaga-tenaga ahli Informasi dan Telekomunikasi (Infokom) yang terampil dan berwawasan bisnis sebagai jawaban atas perkembangan industri Infokom yang begitu pesat. Maka sebagai sebuah sekolah yang berbasis IT, haruslah didukung dengan adanya fasilitas yang memadai. Terlebih lagi dengan adanya pembangunan asrama baru yang disediakan untuk mahasiswa/i baru khususnya. Untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa baru dan bagi asrama pada umumnya, maka perlu diadakan suatu penambahan layanan multimedia yang dapat memberika layanan komunikasi data (telepon, video bradcast, TV braoadcast, video on demand, serta internet )
Proyek akhir ini akan membahas bagaimana merancang jaringan berbasis kabel koaksial untuk dapat mendukung berbagai jenis layanan multimedia yang bersifat interaktif di samping layanan distributif yang merupakan layanan dasar dari jaringan ini di asrama STT TELKOM, Bandung. Dengan alokasi frekuensi yang cukup besar diharapkan mampu untuk menyalurkan alokasi sinyal forward dan reverse yang dalam analisanya menggunakan software cabletools. Untuk mendapatkan jenis kualitas sinyal yang baik dan bagus dalam penerimaan berbagai jenis data, maka perlu adanya perhitungan dan analisa yang sangat akurat
Dengan luas area yang tidak terlalu besar dan titik sebanyak 378 yang tersebar, jaringan koaksial CATV mampu untuk direalisasikan di Asrama STT Telkom. Serta mampu menyediakan layanan telepon, tv broadcast analog, video on demand, dan layanan internet secara bersamaan. Performansi jaringan sangat baik memenuhi standard yang ditentukan, yaitu di atas 48 dB untuk CNR, di atas 53 dB untuk CTB, CSO, dan XMOD.Kata Kunci : -ABSTRACT: Sekolah Tinggi Teknologi Telkom is a college which is focusing on telecommunication and information technology. As the first college specialized in telecommunication technology and management, STT Telkom is expected to produce skillful experts in information and telecommunication, having a good knowledge in business as an answer of the rapid information and telecommunication industry development. Therefore, STT Telkom must be provided with complete facilities. STT Telkom has also built a dormitory for girls recently. To develop services, the dormitory needs to be added with multimedia services that provide data communication services (telephone, video broadcast, video on demand, and internet).
This final project will discuss how to design the network based on coax wire that accommodates multimedia services to be the basic service from this network in the asrama STT Telkom, Bandung. With the large frequency allocations, it is expected to allocate forward and reverse signal which can be analyzed with cabletools software. To get the high quality of signal in receiving many kinds of data, so that we need some accurate calculation.
With not very big area and total customer of 378 points which spread, the CATV coax network is very possible to be realized in asrama STT Telkom. And it is able to serve the services i.e telephony,analog tv broadcast, video on demand, and the internet. The performance of the network is very good and fulfill the standard that has been defined, which are up to 48 dB for CNR, up to 53 dB for CTB, CSO, and XMOD.Keyword: -

Subjek

Otomation
 

Katalog

perancangan jaringan koaksial guna mendukung berbagai layanan mulitimedia di asrama Stt Telkom bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

bayu kaunang
Perorangan
Agus Ganda Permana, Sugito
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini