Perancangan sistem pengendalian suhu dan kelembaban pada inkubator bayi berbasis mikrokontroller

Veri Permana

Informasi Dasar

611040021
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Inkubator berfungsi untuk menjaga suhu bayi yang terlahir prematur. Bayi prematur membutuhkan inkubator untuk menjaga suhu badan bayi dan membuat bayi nyaman. Berdasarkan referensi, suhu bayi yang terlahir secara prematur harus dipertahankan pada suhu 36-37°C dan kelembabannya adalah pada rentang 85% - 95% RH.
Dalam mendesain sistem ini kita memerlukan pemilihan sensor dan mikrokontroler yang tepat, karena dalam perancangannya dituntut ketelitian dan keakurasian dari hasil pengukuran sensor. Pada perancangannya akan menggunakan sensor suhu dan kelembaban SHT11 yang akan di aplikasikan kedalam sistem mikrokontroler ATMEGA 8535.
Sistem akan bekerja menjaga suhu dan kelembaban berdasarkan suatu nilai spesifikasi yang dirancang .Untuk menampilkan nilai suhu pada inkubator akan menggunakan LCD(Liquid Crystal Display). Untuk menjaga suhu udara di dalam inkubator digunakan 5 buah lampu dengan daya masing-masing 40W sebagai aktuator heater atau pemanas, sedangkan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam inkubator maupun untuk menjaga suhu menjadi dingin akan digunakan tiga buah fan (kipas).
Dari hasil pengujian dan analisis didapatkan bahwa nilai keakurasian sensor sebesar 0.1/°C dan rata-rata kesalahan pengukuran kelembaban adalah sebesar 1.067/%RH. Sedangkan waktu respon sensor adalah sebesar 3.427 detik/°C.Kata Kunci : Suhu, Kelembaban, Kontrol, Inkubator.ABSTRACT: Incubator works to stabilized temperature of premature baby. Premature baby need putted on an infant incubator to keep them warm and comfortable. Based on reference, the temperature that should be controlled is in range 36 to 37 Celsius degree and the humidity that should be controlled is in range 85% to 95% Relative Humidity (RH).
In designing the system we need a smart choice of sensor type and right microcontroller because temperature and humidity has large impact to baby’s health. The infant incubator design used SHT11 temperature and humidity sensor. The sensor will applied into ATMEGA 8535 system.
The temperature and humidity system in incubator works to control temperature and humidity based on designed spesification value. LCD display used to display the conditions of temperature and humidity at the incubator. An actuator used to keep the conditions at the incubator, to keep temperature warm used five pieces lamp with 40 Watt each, and to keep the air circulation used three fans (DC motor).
The test show that SHT11 sensor has accuracy 0.1/°C and the average humidity error reading of the microcontroller system are 1.067/%RH. and the respond time of the sensor are 3.427 second/°C.Keyword: Temperature, Humidity, Control, Incubator.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan sistem pengendalian suhu dan kelembaban pada inkubator bayi berbasis mikrokontroller
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Veri Permana
Perorangan
Achmad Rizal, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini