PERANCANGAN JARINGAN HFC YANG MENDUKUNG LAYANAN TV KABEL DAN AKSES INTERNET KECEPATAN TINGGI DI GRIYA TEGALSARI ASRI SRAGEN

MASDUKI

Informasi Dasar

611040009
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Meningkatnya kebutuhan informasi yang kita rasakan pada saat sekarang ini ditunjang dengan kemajuan teknologi dalam bidang media telekomunikasi. Berbagai jenis aplikasi multimedia dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti pendidikan jarak jauh, layanan kesehatan jarak jauh, perdagangan elektronik, perbankan elektronik, dan Video On Demand. Untuk dapat mendukung aplikasi multimedia ini diperlukan suatu media telekomunikasi yang real time dan handal. Jaringan HFC merupakan salah satu jaringan yang memenuhi persyaratan tersebut
Inti dari perancangan jaringan HFC adalah membuat jaringan tersebut mampu mengirimkan sinyal hingga ke setiap perangkat-perangkat di pelanggan dengan nilai dan kualitas yang memenuhi. Dalam setiap tahap perancangan dibutuhkan perhitungan-perhitungan dalam menentukan jenis, nilai, maupun letak perangkat dalam jaringan sehingga memenuhi parameter-parameter transmisi yang ditentukan.
Tujuan proyek akhir ini membahas mengenai perancangan jaringan HFC di Griya Tegalsari Asri Sragen. Jaringan HFC ini nantinya digunakan sebagai prasarana yang dapat mendukung layanan TV kabel , internet, dan layanan multimedia lain dimasa depan di Griya Tegalsari Asri Sragen.
Perancangan dilakukan dengan menggunakan software cabletools dan perhitungan secara manual. Perancangan jaringan koaksial yang dilakukan dalam arah forward dan reverse, sehingga perancangan jaringan HFC dengan layanan akses internet kecepatan tinggi dan TV kabel di Griya Tegalsari Asri Sragen dapat diselenggarakan.
Kata Kunci : HFCABSTRACT: The increasing of information necessities that we feel today is supported by telecommunication technology advance. Various multimedia application can be used for many aspects of e-education, e-medical, e-trade, e-banking, and video on demand. Real time and reliable telecommunication device are needed to support those multimedia applications. That requirement are answered through HFC network.
The core of HFC network design is resulting network that able to transmit high quality signal to every subscriber devices. Every design steps needs some calculations to define the sort, value, and placement of network devices so that fulfill the transmission parameters.
This final project is about to design HFC network in Griya Tegalsari Asri Sragen. HFC network are later on is used as an infrastructure that able to support cable TV , internet, and multimedia services in Griya Tegalsari Asri Sragen. Design is done by using manual calculation and cabletools software. HFC network design is done in forward and reverse, therefore coaxial network with cable TV and high speed internet access services in Griya Tegalsari Asri Sragen can be delivered.
Keyword: HFC

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERANCANGAN JARINGAN HFC YANG MENDUKUNG LAYANAN TV KABEL DAN AKSES INTERNET KECEPATAN TINGGI DI GRIYA TEGALSARI ASRI SRAGEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MASDUKI
Perorangan
Akhmad Hambali, Hafidudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini