PERANCANGAN SISTEM PABX PADA MINIATUR JARINGAN KABEL STT TELKOM BANDUNG

Anjar Rito Setiawan

Informasi Dasar

611030080
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini berlangsung dengan cepat, sehingga dibutuhkan tenaga ahli yang kompeten. Dan salah satu langkah efektif untuk menambah kompetensi, terutama mahasiswa IT Telkom (d/h STT Telkom) adalah dengan melaksanakan riset atau penelitian mengenai bagaimana proses telekomunikasi berlangsung. Selama ini banyak mahasiswa IT Telkom hanya mengerti secara teori bagaimana proses telekomunikasi berlangsung tetapi tidak secara aplikasi di lapangan. Salah satu kendala dalam mengadakan suatu penelitian bagaimana proses telekomunikasi berlangsung, dalam hal ini telekomunikasi jaringan kabel tembaga, terutama untuk parameter-parameter traffic, perfomansi jaringan, dll adalah kita harus melakukannya pada jaringan existing yang dimiliki oleh PT Telkom, sehingga akan merepotkan jika banyak mahasiswa IT Telkom yang ingin mengetahui proses telekomunikasi di lapangan secara real.
Di kampus IT Telkom terdapat jaringan kabel tembaga, tetapi belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu kami mencoba untuk membuat jaringan kabel ini dapat difungsikan layaknya jaringan kabel existing yang dimiliki oleh PT Telkom, dengan sifat dan prilaku layaknya jaringan kabel tembaga existing yang menggunakan sentral PABX.
Pada proyek ini dilakukan perancangan dan instalasi sistem PABX dengan mengoptimalkan jaringan kabel dan perangkat yang telah dimiliki. Sistem PABX ini akan difungsikan sebagai backup PABX IP, baik untuk akses internal maupun keluar STTTelkom, dimana terdapat proses switch over jika PABX IP tidak dapat berfungsi. Selain itu sistem dapat dimanfaatkan untuk riset di Institut Teknologi Telkom (d/h Sekolah Tinggi Teknologi Telkom) Bandung.Kata Kunci : PABX, jaringan kabelABSTRACT: Progress of telecommunication technology at the moment quickly push the need of competence of human resource. And one of the effective way to increase competence about telecommunication, especially student of IT Telkom (d/h STT Telkom), is by doing research continuously about the working of telecommunication system. One of problems to do the research, in this case research about telecommunication with network cable, like traffic parameters, network performance, esc, is because we must do the research in existing network of PT. Telkom, and this make student of IT Telkom not freely for doing the research.
At IT Telkom there is cable network that not optimally used. That’s why we want to make the network can be use like the network of PT. Telkom with all characteristic of cable network, especially in this project for cable network with PABX system. In this project we design PABX system by optimally using cable network and equipment that IT Telkom already have. This system will be use for backup IP PABX system. And the system we design can be implementation for research in IT Telkom.Keyword: PABX, network cable

Subjek

Otomation
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PABX PADA MINIATUR JARINGAN KABEL STT TELKOM BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anjar Rito Setiawan
Perorangan
Agus Ganda Permana, Hafidudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini