EVALUASI PERUBAHAN SISTEM HDSL DENGAN KABEL TEMBAGA MENJADI SISTEM OPTIMUX (Studi Lapangan Di STO Lembong Bandung) EVALUATION OF HDSL SYSTEM WITH COAXIAL TO BE AN OPTIMUX SYSTEM

NIYAS ISTANTI

Informasi Dasar

611030071
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: PT. Telkom di kawasan Bandung menggunakan jalur transport fiber optik sebagai jalur alternatif pengganti HDSL yang dikenal dengan nama Fo-nisasi. Fonisasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk merubah sistem transport pada perangkat DLC (Digital Loop Carier) dari sistem HDSL yang menggunakan kabel tembaga sebagai media transport E1 menjadi media optik. Dengan penggantian tersebut maka kehandalan sistem transport pada perangkat DLC meningkat mengingat sistem optik kebal terhadap gangguan yang sifatnya elektris serta memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menyalurkan data dengan tingkat kestabilan yang tinggi .
Dalam proyek akhir ini dibahas beberapa hal, antara lain : Pertama, mengapa dilakukan perubahan sistem transport dari HDSL ke Optimux oleh PT Telkom. Kedua, berapa besarnya daya yang dapat dipancarkan dan diterima oleh masing-masing sistem. Ketiga, berapakah besarnya bandwidth dan bitrate dari masing-masing sistem.
Evaluasi difokuskan pada jalur transport antara sentral telepon (exchange unit) ke perangkat di lapangan (remote unit) atau biasa disebut ONU (Optical Network Unit). Penelitian ini dikhususkan pada STO Lembong yang membawahi 30 ONU didaerah Bandung. Tetapi, pada Proyek Akhir ini hanya akan dilakukan penelitian untuk ONU di STO Bandung Centrum. Pembahasan masalah dalam penyusunan proyek akhir ini menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan melakukan pengukuran-pengukuran yang diperlukan secara langsung ke lapangan serta wawancara dengan petugas yang terkait.
Keluaran yang diharapkan dalam proyek akhir ini adalah mengetahui apakah perubahan transport dari HDSL ke Optimux di lapangan telah mencapai target yang diinginkan oleh PT Telkom dalam usaha peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Kualitas sistem yang semakin bagus akan mendukung PT Telkom dalam menghadapi persaingan antar perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi.Kata Kunci : ABSTRACT: PT. Telkom in the Bandung area using the fiber optic transport as alternative band of HDSL substitution is called Fo-nisasi. Fo-nisasi is activity to change transport system of DLC (Digital Loop Carier) from HDSL system with coaxial as transport E1 to be an optimux system. Reliable transport system of DLC measurement increasing with this substitution, while optical system insensitive of electric interference and it have good ability for data channel with high stability.
This final project studied by several thing : first, why PT Telkom done changing the transport system of HDSL to Optimux. Second, how big the power transmitted and received (Power Link Budget) by each system. Thirtd, how big bandwidth and bitrate by each system.
Evaluation focused for transport band between exchange unit to remote unit or refered as ONU (Optical Network Unit). This experiment to be majoried to STO Lembong that direct 30 ONU in the Bandung area. But, this final project experiment just for OAN in the STO Bandung Centrum. Problem solving in this final project compilation using bibliography study and doing direct needed measurements to the field and also interview with relevant officer.
Output of final project wondered is knowing which transport changing of HDSL to Optimux in the field have reaching target which is wanted by PT Telkom to increase costumer service. Better quality system will support PT. Telkom to emulation facing between each telecommunication companies.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

EVALUASI PERUBAHAN SISTEM HDSL DENGAN KABEL TEMBAGA MENJADI SISTEM OPTIMUX (Studi Lapangan Di STO Lembong Bandung) EVALUATION OF HDSL SYSTEM WITH COAXIAL TO BE AN OPTIMUX SYSTEM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NIYAS ISTANTI
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini