APLIKASI SISTEM INFORMASI JARINGAN LOKAL AKSES TEMBAGA EKSISTING BERBASIS SIG

BROTO ENDIANTO

Informasi Dasar

611030064
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Geographic Information System ( GIS ) merupakan suatu bentuk sistem informasi yang menyajikan informasi dalam bentuk grafis dengan menggunakan peta geografis sebagai antar muka. Bagian utama GIS disusun berdasarkan konsep pelapisan ( layering ) dan relasi. Setiap lapisan pada grafis merepresentasikan data dan informasi tertentu sesuai dengan relasi yang didefinisikan. Data dan informasi yang direpresentasikan sesuai bersifat dinamis.
Pada Proyek Akhir ini akan dilakukan perancangan fasilitas SIG pada sistem informasi jaringan lokal akses tembaga yang eksisting di PT. PERTAMINA UP IV CILACAP. Sistem informasi ini akan dibangun berdasarkan pemetaan dan pelapisan komponen-komponen dalam jaringan telekomunikasi. Pemetaan dan pelapisan ini dilakukan secara hierarkis dan mempunyai hubungan ( relasi ) dengan basis data yang menunjang.
Dalam SIG yang dibangun ini berisi informasi-informasi yang diperlukan dalam proses pengalokasian dan perencanaan jaringan lokal akses tembaga, yaitu suatu data yang terdiri dari peta lokasi, kapasitas jaringan yang terpakai, jumlah VKU (DP) beserta kapasitasnya, jumlah Cabinet (RK) beserta kapasitasnya, panjang kabel, dan data-data lain, sehingga diharapkan memudahkan petugas dalam mengoperasionalkan dan melaksanakan survey perencanaan jaringan.Kata Kunci : ABSTRACT: Geographical Information System ( GIS ) is a kind of information system that gives many information on visual or graphical one using a geographical map as an interface. Main part on GIS arranged by layering concept and relation. Each layer on visual information descript some data and information that apropriate with defined relation. Data and information that have been defined are dynamic.
This project will make a GIS application program on existing copper access network information system in PT. PERTAMINA UP IV CILACAP. This information system will be build by mapping and layering process using copper access network components. Mapping and layering process will be made as hierarchy concept and must have relation with database that make it work.
In this GIS application including in many information which needed by this program to process the data, such data consist map location or area, used capacity in this access network, number of VKU or Distriution Point and capacity, number of Cabinet and capacity, length of copper cable, an any other data, so when the engineer using this program, he can operating or do cable aministration on this access network easily.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

APLIKASI SISTEM INFORMASI JARINGAN LOKAL AKSES TEMBAGA EKSISTING BERBASIS SIG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BROTO ENDIANTO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini