PENGUKURAN PARAMETER TEKNIS PERANGKAT ADSL PADA JARINGAN AKSES (TECHNICAL PARAMETER MEASUREMENT OF ADSL DEVICE ON ACCESS NETWORK)

YANNY HENDRIK SUMARAUW

Informasi Dasar

611030057
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan perkembangan teknologi, permintaan terhadap layanan telekomunikasi dengan kualitas yang lebih baik dengan fasilitas-fasilitas tambahan didalamnya juga ikut meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya teknologi x-DSL yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa, dalam hal ini PT. Telkom, dengan maksud untuk memaksimalkan jaringan yang sudah ada (Coaksial/Kabel tembaga) untuk layanan dengan BroadBand.
Salah satu komponen yang terdapat pada teknologi x-DSL yaitu ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). ADSL merupakan teknologi akses yang memungkinkan terjadinya komunikasi suara, data, dan video secara bersamaan, menggunakan media jaringan akses kabel tembaga 1 pair. Teknologi ini dikatakan Asymmetric karena rate/kecepatan transmisi dari sentral ke pelanggan (downstream) tidak sama dengan rate transmisi dari arah pelanggan ke sentral (upstream).
Melihat pentingnya teknologi ADSL untuk mendukung performansi dari jaringan SPEEDY, maka penulis mencoba untuk mengevaluasi performansi dari teknologi ADSL ini dengan cara membandingkan hasil pengukuran dari masing-masing parameter teknis dari perangkat ADSL yang dilaksanakan di Lab. Transmisi Div. RisTi PT. Telkom, dengan standarisasi yang telah ditetapkan menurut Spesifikasi Telekomunikasi (S-Tel), dan kemudian memberikan suatu usulan apakah perangkat ini layak atau tidak untuk dipergunakan dalam mendukung layanan telekomunikasi BroadBand.Kata Kunci : ABSTRACT: As the rapid advancement of technology, the demand toward the better quality of telecommunication service plus additional facilities inside is also increasing. This is answered by realizing the x-DSL technology offered by the service provider, in this case is PT Telkom, that intent to maximilized the utilization of existing network for broadband service.
One kind of x-DSL technology is ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). ADSL is one of the accessing technology that enable the data, voice and video communication transfered simultanously, using 1 pair coaxial cable network as the media. This technology called Asymmetric because of the transmission rate distinction from the exchange to the subscriber (known as “downstream“) and in return (upstream).
Realizing how significantly important the ADSL technology to assist the SPEEDY network performance, So the author tries to evaluate and analize the ADSL technology performance by the brand and the type, comparing the measurement result of each technical parameters of ADSL device done in the Transmision Lab of RisTi PT.Telkom Division as the method to analize, tight standarization base on Telecomunication Specification (S-Tel) as guidence, then finally proposing whether this device is deserve or not to support the implementationof broadband telecomunication service.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

PENGUKURAN PARAMETER TEKNIS PERANGKAT ADSL PADA JARINGAN AKSES (TECHNICAL PARAMETER MEASUREMENT OF ADSL DEVICE ON ACCESS NETWORK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YANNY HENDRIK SUMARAUW
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini