PENGUJIAN ADD DROP MUX SDH STM-16 UNTUK SERTIFIKASI

HAJAR NURI FIBRIYANTI

Informasi Dasar

611030055
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: SDH (Synchronous Digital Hierarchy) adalah suatu sistem transmisi digital yang muncul setelah berkembangnya system PDH (Plesiochronous Digital Hierarchy) dan berkembang pula keberadaannya sejak dikenal secara luas teknologi PCM (Pulse Code Modulation) yang merupakan dasar perubahan dari sinyal analog ke sinyal digital dan dari sinyal digital ke sinyal analog.
Ada beberapa komponen yang terdapat dalam sistem SDH, diantaranya adalah Terminal Multiplexing, Cross connect, Regenerator dan ADM (Add Drop Multiplexer). Dalam proyek akhir membahas mengenai ADM yang merupakan salah satu komponen dalam SDH yang berfungsi sebagai lalu lintas sinyal. Pada dasarnya ADM memiliki dua buah sinyal aggregate yaitu aggregate arah kiri dan aggregate arah kanan atau lebih sering disebut sebagai dengan WEST dan EAST aggregate. Apabila dibentuk suatu hubungan antarADM nantinya akan membentuk suatu konfigurasi ring yang mempunyai kemampuan proteksi yang handal bila terjadi gangguan.
Dengan melihat fungsi dari perangkat Add Drop Mux tersebut, maka kinerja dari perangkat ini sangatlah penting untuk mendukung performansi dari jaringan SDH. Pada proyek akhir ini, penulis telah melakukan suatu pengujian dan evaluasi performansi perangkat Add Drop Mux SDH untuk STM-16 dengan merk dan tipe tertentu dengan cara membandingkan hasil pengukuran masing-masing parameter yang ada atau item pengujian tertentu dengan spesifikasi yang sudah ditetapkan sebelumnya menurut Spesifikasi Telekomunikasi (S-Tel) yang kemudian memberikan suatu usulan tentang kelayakan perangkat untuk dipergunakan dalam mendukung layanan Telekomunikasi. Penulis akan melakukan pengukuran di Laboratorium Transmisi Div. RisTi PT. TELKOM.Kata Kunci : ABSTRACT: SDH (Synchronous Digital Hierarchy) is a digital transmission system that appears after developed of PDH (Plesiochronous Digital Hierarchy) system and also develop since PCM (Pulse Code Modulation) technology exist and to be widely known which is as a basic of signal transision from analog to digital signal and digital to analog signal.
There are some components of SDH, they are Multiplexing, Digital Cross connect, Regenerator and ADM (Add Drop Multiplexer). In this Final Project is discuss about ADM (Add Drop Multiplexer) that is one of SDHs component which use for signal traffic. Basically, ADM has two aggregate signal namely Aggregate Right Direction and Aggregate Left Direction or well known as WEST aggregate and EAST aggregate. If they are constructed between ADM, would be a Ring configuration that has a reliable protection capability for some interferences.<br>Based on ADMs functions, no wonder work of this equipment is extremely important to support SDHs network performance. Thus, this Final Project evaluate Add Drop Multiplexer SDH equipments performance for STM-16 brand xxx and type yyy by compare the result of measurement for each parameter or test the equipment with consistant specification according Telecommunication Specification ( S-Tel), then decide whether this equipment eligible or not to support the utilization in supporting telecommunication services. The measurement was held at Transmission Laboratory, Research and Technology PT. TELKOM ( Divisi RisTi PT. TELKOM )Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

PENGUJIAN ADD DROP MUX SDH STM-16 UNTUK SERTIFIKASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAJAR NURI FIBRIYANTI
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini