RANCANG BANGUN ANTENA KOLINIER OMNIDIREKSIONAL DIPOL MAGNETIK WILAYAH FREKUENSI LSM 2400 HHZ - 2484 MHZ

ANDI MAHARDIKA

Informasi Dasar

611030023
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Menuntut ilmu yang berguna dapat dikatakan baik apabila ilmu yang telah kita dapatkan dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang kita dapatkan. Dengan tahapan dalam pemelajaran dan perancangan antena merupakan salah satu ilmu dalam bidang telekomunikasi yang dapat berguna dalam membentuk sistem komunikasi bagi kemaslahatan manusia. Antena berperan sebagai transmitter dan atau receiver dalam sistem, sehingga informasi dapat disebarluaskan dan diterima. Oleh karena itu mahasiswa teknik elektro STTTELKOM yang merupakan perancang antena berupaya melakukan penyinergian antara pemelajaran dan praktik bagi kemashlahatan manusia.
Rancangan gambar teknik yang sesuai memberikan hasil perancangan dan prototipe dari antena kolinier omnidireksional dipol-magnetik dengan memberikan spesifikasi pengukuran dan pengujian terhadap parameter impedansi dan VSWR, polaradiasi, efisiensi, pengujian gain, dan pengujian polaritas.
Proyek ini bertujuan untuk menghasilkan model antena Kolinier Omnidireksional-Dipol-Magnetik dengan kesesuaian dari rancangan gambar teknik dan mutu spesifikasi yang dipakai telah teruji dan siap untuk digunakan.
Untuk mengetahui performansi dari antena ini maka diperlukan suatu mekanisme pengukuran. Pengukuran meliputi pengukuran VSWR, lebar pita frekuensi, pola radiasi, dan penguatan antena. Dari hasil pengukuran didapatkan lebar pita frekuensi dengan batas VSWR≤1,3 sebesar 35 MHz dengan spesifikasi 84 MHz (2400 MHz – 2484 MHz, VSWR≤1,3), pola radiasi omnidireksional dan penguatan yang diperoleh sebesar 6,691 dBi.Kata Kunci : ABSTRACT: To get knowledge everywhere will be good if we can apply that knowledge based on our need and advantages that we can get. Stage in study and design antenna is one of knowledge methode in telecommunication science that can useful for makes communication system for human being. Antenna as a transmitter or a receiver on system, because of that we can send and receive information. So STTTELKOM Electrical Engineering Students who also designed this antenna try to combine theory and practical knowledge for human being.
An appropriate technical drawing design gives prototype and design result from kolinier ohmnidirectional dipole-magnetic antenna and also gives dimension specification and test for impedance and VSWR, pole radiation, efficiency, gain test, and polarization test.
This project objective is to create Kolinier Omhnidirectional-Dipole-Magnetic antenna based on technical drawing design and quality specification is used has been tested and ready to use.
To know performance of this antenna is needed a measurement mechanism. The measurement consist of VSWR measurement, bandwith, radiation pattern and antenna gain. From measurement result is got bandwith with VSWR ≤ 1,3 limits 35 MHz with specification 84 MHz (2400 MHz – 2484 MHz, VSWR≤1,3), radiation pattern is omnidirectional and can get gain 6,691 dBi.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

RANCANG BANGUN ANTENA KOLINIER OMNIDIREKSIONAL DIPOL MAGNETIK WILAYAH FREKUENSI LSM 2400 HHZ - 2484 MHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI MAHARDIKA
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini