JARLOKAR DALAM PANDUAN CBT (COMPUTER BASE TRAINING) SEBAGAI PENDUKUNG MATA KULIAH JARINGAN AKSES

A. HARYANSYAH

Informasi Dasar

611030015
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pada saat ini sistem telekomunikasi Indonesia masih banyak menggunakan teknologi JARLOKAR ( Jaringan Lokal Akses Radio ) karena keunggulankeunggulannnya dari teknologi jaringan lainnya yang dapat diterapkan di sistem telekomunikasi Indonesia saat ini. Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari sistem jaringan ini sehingga masih banyak digunakan dalam sistem telekomunikasi Indonesia saat ini adalah pembangunan jaringan yang lebih cepat dibandingkan dengan teknologi jaringan yang lain.
Sistem Jaringan Akses Radio (JARLOKAR) adalah sistem transmisi radio yang digunakan untuk menghubugkan pelanggan dengan sentral lokal (Local Exchange) dan merupakan suatu solusi strategis untuk pembangunan jaringan telekomunikasi yang cepat serta memungkinkan untuk melayani pelanggan yang sulit dijangkau dengan kabel sehingga pembangunan telekomunikasi di Indonesia cepat berkembang dan maju.
Untuk mempermudah pemahaman mengenai materi Kuliah Jaringan Akses khususnya Jarlokar, maka diperlukan suatu perangkat ajar atau alat bantu yang dapat dapat digunakan pada proses belajar mengajar. Dalam hal ini, penulis memilih panduan yang memanfaatkan komputer sebagai media panduan yaitu berupa Computer Base Training (CBT) yang dapat digunakan secara interaktif oleh user, dimana dalam hal ini mahasiswa untuk mempelajari dan memahami tentang Jarlokar.
Pada Proyek Akhir ini membahas tentang materi Jarlokar dalam bentuk suatu model panduan berupa CBT. Materi CBT ini secara umum memuat materi dasar Jarlokar, simulasi alat bantu hitung dan evaluasi (kuis) terhadap materi yang telah dipelajari.
Kata Kunci : CBT (Computer Base Training), Jarlokar (Jaringan Lokal AksesABSTRACT: Nowadays JARLOKAR (Jaringan Lokal Akses Radio or Radio Access Local Network) is a technology that mainly used in Indonesian telecommunication system because of it benefits among other network technology which implemented in Indonesian telecommunication system. One of the most excellent things from this network system which it still mainly used in Indonesia is about the network deployment which faster than another existed network technology.
Radio Access Local Network system (JARLOKAR) is a radio transmission system which used for connecting the subscriber with Local Exchange and a strategic solution for the faster telecommunication network deployment and it possible to cover the unreachable subscriber by using the coaxial cable so the telecommunication deployment in Indonesia could be faster and move forward.
To ease the understanding about Access Network subject for JARLOKAR especially, it is required the lecturing tools or an assistance tool which able to be used in teaching process. In this time, the author picks the guidance which utilizes the computer as a guidance media like Computer Base Training (CBT) which able to be used interactively by the user, which in this time is the students to learn and understand about JARLOKAR.
This final project describes JARLOKAR material in a guidance model like CBT. CBT material commonly loads the basic material of JARLOKAR, counting assistance tools simulation and evaluation (quiz) upon the learned material.
Keyword: : CBT (Computer Base Training), JARLOKAR ( Radio Access Local

Subjek

Otomation
 

Katalog

JARLOKAR DALAM PANDUAN CBT (COMPUTER BASE TRAINING) SEBAGAI PENDUKUNG MATA KULIAH JARINGAN AKSES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

A. HARYANSYAH
Perorangan
Hafidudin, Agus Ganda Permana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini