PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI RFID UNTUK KEAMANAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLLER

MUHAMAD KAMAL BASYA

Informasi Dasar

611030001
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi identifikasi yang diharapkan menggantikan barcode. Dibandingkan barcode yang menggunakan cahaya sebagai media baca , RFID menggunakan gelombang radio pada frekuensi tertentu sebagai carrier identifikasi. Hal ini menjadikan RFID lebih unggul karena sifatnya yang contactless, non-loss reading dan real time. Frekuensi yang digunakan oleh sistem ini termasuk dalam frekuensi un-licenced dalam kategori frekuensi Industrial, Scientific and Medical (ISM).
Proyek akhir ini merancang suatu model sistem keamanan ruangan yang menggunakan teknologi RFID dan Mikrokontroller keluarga MCS 51 sebagai kontrolnya, serta Visual Basic 6 sebagai software yang digunkan untuk mencatat pengakses ruangan tersebut. Pada penelitian ini dirancang Sistem Access Control yang akan mencatat semua orang yang mengakses ruangan. Jika user (pemegang Tag) mendekati ruangan, tag akan mengirimkan Id yang akan tertampil pada program aplikasi yang telah dibuat, kemudian user memasukkan password, dan mengisi form yang telah disediakan oleh aplikasi tesebut, setelah form telah diisi semua, aplikasi akan memerintahkan mikrokontroller untuk membuka kunci dan membuka pintu. Jika password yang dimasukkan salah tiga kali berturut maka aplikasi akan memerintahkan mikrokontroller untuk mengaktifkan alarm.
Sistem Keamanan Ruangan ini yang akan dibahas dalam proyek akhir, bagaimana ID dari Tag dikirimkan, Reader mengolah data yang diterima, mikrokontroler mengolah perintah yang diterima dari Aplikasi, kemudian melaksanakan perintah tersebut baik itu membuka kunci, pintu dan menghidupkan alarm.Kata Kunci : -ABSTRACT: Radio Frequency Identification (RFID) is identify technology that expected can replace the barcode. Compared to barcode that using light as reading media, RFID use the radiowave at certain frequency as identify carrier. This case make RFID more eminent because its character that contactless, non-loss reading and real time. The frequency used by this system included in un-licenced frequency in category of Industrial frequency, Scientific and Medical (ISM).
This final project design a model of room security system using RFID technology and Microcontroller of MCS 51 as its control, and Visual Basic 6 as software which is used to note the access of that room. In this research is designed Control Access System that will make a note for people who access the room. If user (tag holder) come near the room, tag will send Id that will be shown up at application program that have been made, then user enter password, and fill form that have been provided by that application. After that form has been filled all, the application will command microcontroller to unlock and open the door. If password entered wrong thrice continuously, so application will command microcontroller to active the alarm. This room security system will be discussed in final project, how ID from delivered tag, reader process the accepted data, microcontroller process command that accepted from application, then execute that command to unlock the door and turn on the alarm.
Keyword: -

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI RFID UNTUK KEAMANAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD KAMAL BASYA
Perorangan
Efri Suhartono, TURAO AJI DHARMA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini