ANALISIS DAMPAK SISTEM KOMPETISI TERHADAP KELANJUTAN USAHA OPERATOR SELULER DI TIMOR-LESTE

NICOLAU SANTOS CELESTINO

Informasi Dasar

211110003
384.068
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAKSI: Penulisan ini menganalisis dampak sistem kompetisi terhadap kelayakan usaha operator seluler sebagai penanam modal dalam perencanaan jaringan telekomunikasi seluler di Timor-Leste. Tujuan utama analisis ini adalah untuk menentukan berapa jumlah operator optimum yang dibutuhkan oleh Timor-Leste dalam memperebutkan pasar telekomunikasi dari total penduduk yang hanya 1,066,409 orang agar ada keseimbangan pendapatan operator dan jumlah pasar seluler dengan daya beli masyarakat (GDP, Gross Domestic Product) sehingga operator yang menginvestasi modal dalam membangun jaringan telekomunikasi dapat bersaing dan memberikan kualitas jaringan yang memadai dengan tarif yang seimbang dengan kondisi ekonomi masyarakat Timor-Leste.

Proses menganalisis jumlah operator yang optimum di Timor-Leste ini adalah dengan pengkajian, analisa dan optimasi berdasarkan data-data yang diperlukan dalam perencanaan jaringan dengan memperhatikan pertumbuhan penduduk dan pertambahan jumlah pelanggan pertahun, demand forecasting, trafik forecasting agar bisa memberikan jawaban bahwa jumlah operator yang memungkinkan untuk beroprasi di Timor-Leste adalah banyaknya operator seluler yang seimbang dengan jumlah penduduk dan daya beli masyarakat.

Teknologi 3G digunakan sebagai pemilihan teknologi dalam analisis perencanaan jaringan untuk menjawab tantangan masalah internet yang masih jauh dari jangkauan masyarakat karena cukup mahal dan terbatas pada lingkungan pemerintah, perusahaan swasta dan hanya sejumlah pelanggan dengan menggunakan jasa layanan broadband. Pendekatan teknis dan pendekatan ekonomis mendasari analisis perencanaan jaringan 3G dengan parameter-parameter teknis seperti Link Budget, kebutuhan Mobile Station dan kebutuhan-kebutuhan teknis lain yang diperlukan. Perhitungan ekonomis merupakan dasar dalam analisis sensitivitas ekonomi untuk memperoleh nilai NPV, IRR, Cash Balance dan Payload Period dengan mempetimbangkan tingkat inflasi dan suku bunga bank serta daya beli masyarakat.

Analisis sensivitas dalam penulisan ini meyimpulkan bahwa 3 operator seluler adalah operator paling optimum di Timor-Leste.Kata Kunci : SISTEM KOMPETISI,OPERATORABSTRACT: This paper analyzes the impact of competition system to the business sustainability of mobile operator in Timor-Leste as an investor in the mobile communications network. The main purpose of this analysis is to determine what the optimum number of operators required by Timor-Leste for the market sharing to offer the service to the total population of 1,066,409 people to considering the balance of income and the number of markets due to the GDP (Gross Domestic Product) to ensure for the capital investing in building telecommunications networks and provide adequate network quality and affordable price.

The process of analyzing the optimum number of operators in Timor-Leste is through the assessment, analysis and optimization based on the data required in the planning of the network by determine population growth and customers growth per year, demand forecasting, traffic forecasting to provide answers that the number of operators needed to operate in Timor-Leste is the number of mobile operators which is balance with the population and purchasing power of the society through the GDP and per capita of Timor-Leste.

3G technologies is used as the technology in the analysis of network planning to deal with the challenges that the internet problem is still far from the reach of society as it is quite expensive and confined to the government, private companies and only the number of subscribers using broadband services. Technical and economical approach to underlying the analysis of the 3G network planning with the technical parameters such as the Link Budget, Mobile Station requirement and other technical requirements are necessary. Economic calculation is the basis for economic sensitivity analysis to obtain the value of NPV, IRR, Cash Balance and Payload Period by considering that the rate of inflation and interest rates and the purchasing power.

Sensitivity analysis in this paper concludes that the 3 mobile operators is the most optimum operator in Timor-Leste.Keyword: SISTEM KOMPETISI,OPERATOR

Subjek

MANAJEMEN TELEKOMUNIKASI
 

Katalog

ANALISIS DAMPAK SISTEM KOMPETISI TERHADAP KELANJUTAN USAHA OPERATOR SELULER DI TIMOR-LESTE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NICOLAU SANTOS CELESTINO
Perorangan
Taufik Hasan, Heroe Wijanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini