KAJIAN TEKNOEKONOMI DAN SUSTAINABILITY PENYELENGGARAAN JARINGAN USO PT.X PADA WPUT 6, 7, 8 DAN 9

GUSTOMMY BISONO

Informasi Dasar

211090004
384.068
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAKSI: Penyelenggaraan jaringan USO (Universal Service Obligation) PT.X di wilayah WPUT 6,7,8 dan 9 memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan WPUT yang lain, yakni selain wilayahnya yang banyak terdiri dari hutan, kontur daerah yang bervariasi, dan juga terdiri dari kepulauan. Daerah USO merupakan daerah yang tidak mempunyai potensi ekonomi (setidaknya potensinya kurang daripada daerah yang lainnya), untuk itu diperlukan perencanaan yang matang dalam melakukan konfigurasi jaringan yang akan dipergunakan.
Bahwa dengan penyelenggaraan layanan telekomunikasi di daerah USO yang kurang memiliki potensi ekonomi untuk perusahaan, dan juga dengan kondisi bahwa perusahaan terkait merupakan penyelenggara yang belum mempunyai infrastruktur akses pada daerah tersebut, maka diperlukan suatu perencanaan yang matang dengan berbagai pertimbangan investasi dan kebutuhan operasional perusahaan.

Dari metodologi yang dilakukan, tujuan pembahasan yang ingin diperoleh adalah untuk menganalisa kelayakan bisnis dan jaringan USO PT.X di daerah WPUT 6, 7, 8 dan 9, serta mendapatkan konfigurasi jaringan. Sesuai dengan filosofi pemerintah dalam program USO adalah untuk memeratakan jaringan dan layanan telekomunikasi agar bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, yakni layanan telekomunikasi dengan harga yang affordable dan bisa mendukung dan meningkatkan ekonomi masyarakat terutama masyarakat pedesaan.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penyelenggaraan USO yang dimenangkan dan digelar oleh PT.X tidak akan layak bila dilakukan pengamatan dalam 5 (lima) tahun masa kontrak, namun layak selama periode 5 tahun 5 bulan dengan Net Present Value sebesar 169 Milyar.Kata Kunci : USO, WPUTABSTRACT: USO (Universal Service Obligation) that is handled by PT.X in area Sulawesi, Maluku and Papua has its high challenge since the area is consists of islands, and separated by seas, an there are many other that is a very remote area in the middle of jungle. USO village is tipically a non-economic village, thus it is important to have a good planning on its network designing and also business strategy.

To provide USO service in USO Village, PT.X know that it will not bring many profit unless the subsidy given by government, thus it is important to conduct a study to plan the investment and operational necessity.

From the methodology, the aim of this thesis is to analyze business and network feasibility of USO in the areas, and also to get the network configuration. In line with the government philosophy to give information media to all of inhabitants, that USO service has to be very affordable and could improve economic power to villager.

From the result, can be conclude that USO is not feasible to be established in 5 (five) years contract period, but it is feasible in 5 years and 5 months with NPV 169 billion RupiahsKeyword: USO, WPUT

Subjek

MANAJEMEN TELEKOMUNIKASI
 

Katalog

KAJIAN TEKNOEKONOMI DAN SUSTAINABILITY PENYELENGGARAAN JARINGAN USO PT.X PADA WPUT 6, 7, 8 DAN 9
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GUSTOMMY BISONO
Perorangan
A. Ali Muayyadi, NANANG SURYANA.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini