ANALISIS PEREBADINGAN KINERJA SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL MENGGUNAKAN EQUALIZER LMS, RLS, DAN MLSE

Dini Afriyanti

Informasi Dasar

211070004
621.384
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini sistem komunikasi sudah menawarkan suatu kecepatan dan kapasitas, yaitu kecepatan yang tinggi dan kapasitas data yang besar. Sistem komunikasi nirkabel dituntut untuk dapat mentransmisikan data maupun suara dengan kecepatan tinggi, memiliki efisiensi bandiwdth, serta memiliki performansi yang handal pada kondisi kanal yang selalu berubah-ubah akibat adanya multipath fading.
Pada sistem komunikasi terutama sistem komunikasi nirkabel, keakuratan antara informasi yang dikirimkan dari sumber dengan data yang diterima ditujuan ideal nya harus sama. Namun pada kenyataannya, kondisi ini mutlak tidak terjadi karena adanya pengaruh interferensi dan noise yang terjadi dalam kanal transmisi. Pada penelitian ini akan dilakukan perbandingan kinerja equalizer LMS, RLS, dan MLSE terhadap variasi modulasi dan perpererakan user, kemudian akan ditentukan equalizer mana yang paling baik dalam mengatasi Intersymbol Interference yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa equalizer MLSE yang memberikan performansi paling baik dalam mengatasi ISI. Kesimpulan ini dibuktikan dengan Eb/N0 MLSE yang didapatkan paling kecil dibandingkan dengan nilai Eb/N0 LMS dan RLS untuk semua kondisi yang diamati, yaitu membandingkan kinerja equalizer terhadap variasi teknik modulasi, kinerja equalizer terhadap variasi pergerakan user, dan kinerja modulasi terhadap variasi equalizer.Kata Kunci : LMS, RLS, MLSE, BPSK, QPSK, 8-PSKABSTRACT: Nowadays, communications system offering high speed and big capacity. Wireless communication system is required to transmiting data and voice with high speed, bandwidth efficiency, and have a good performance in handling channel condition that cause by multipath fading.
In wireless communication system, accuracy between information that transmitted from source with received data in destination, ideally should same. But, in real condition this thing could not realize because Inter-symbol Interference and noise that happen in channel transmission. This research will be conducted comparison between LMS, RLS, and MLSE with variation of modulation and user movement then will be determined which equalizer give the best performance in handling ISI.
The result from this research shows that MLSE equalizer gives the best performance in handling ISI. This conclusion prove by Eb/N0 value for MLSE is smaller than Eb/N0 value for LMS and RLS for all observed condition : compare the performance of equalizer against variation of modulations, compare the performance of equalizer against user movement, and compare the performance of modulation against equalizer.Keyword: LMS, RLS, MLSE, BPSK, QPSK, 8-PSK

Subjek

WIRELESS
 

Katalog

ANALISIS PEREBADINGAN KINERJA SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL MENGGUNAKAN EQUALIZER LMS, RLS, DAN MLSE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dini Afriyanti
Perorangan
A. Ali Muayyadi, M.Sc.., Sony Sumaryo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini