Analisis Sistem MIMO-OFDM dengan Alokasi Daya dan Jenis Modulasi Menggunakan Teknik Bayesian

Bobby Juan Pradana

Informasi Dasar

211050002
621.382 16
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAKSI: Penelitian ini akan membahas sistem OFDM dengan MIMO untuk single user. Sistem akan memiliki sedikit pengetahuan tentang kondisi kanal dan terjadi kesalahan dalam informasi tersebut ketika sistem mengestimasi kondisi kanal. Sehingga pada penelitian ini akan digunakan informasi kondisi kanal yang tidak sempurna atau Imperfect-CSI (Channel State Information). Teknik yang akan dicoba untuk dipakai untuk mengatasi kondisi di atas adalah Bayesian Technique dengan alokasi daya dan jenis modulasinya, serta estimasi kanal untuk rekonstruksi sinyal terima.
Teknik Bayesian yang digunakan untuk alokasi daya dan jenis modulasi yaitu teknik GEOM, HARM, dan MAXMIN. Ketiga teknik tersebut memerlukan CSI berupa eigenvalue maksimum tiap subcarrier untuk melakukan pengubahan alokasi daya dan jenis modulasi berdasar kondisi kanal. Untuk estimasi imperfect CSI digunakan teknik Bayesian dengan melakukan interpolasi dan kompensasi dengan sinyal pilot.
Hasil penelitian thesis ini didapat sistem MIMO-OFDM pada kanal multipath fading untuk kondisi diam akan optimal jika menggunakan teknik HARM pada kondisi low transmit power dan teknik MAXMIN pada kondisi high tranmit power. Pada kondisi user bergerak didapat sistem MIMO-OFDM akan optimal jika menggunakan teknik GEOM pada kondisi low transmit power dan teknik HARM pada kondisi high transmit power.
Kata Kunci : MIMO, OFDM, Teknik Bayesian, GEOM, HARM, MAXMIN, eigenvalue maksimumABSTRACT: This research will discuss about OFDM and MIMO system for single user. System will have a few of knowledge about channel condition and error that occur in the information while the system estimates channel condition. So, in this research will use imperfect-CSI (Channel State Information). Technique that will be tried to handle this condition is Bayesian Technique with power and modulation allocation, also estimates channel to reconstruct received signal.
Bayesian technique that used for power and modulation allocation are GEOM, HARM, and MAXMIN technique. These technique need CSI that contain maximum eigenvalue for each subcarrier to change power and modulation based on channel state. Bayesian technique is used to estimate imperfect CSI by interpolating and compensating pilot signal.
The research result is MIMO-OFDM system on multipath fading channel at low mobility will optimum if use HARM technique with low transmit power and MAXMIN technique with high transmit power. At high mobility, MIMO-OFDM system will optimum if use GEOM technique with low transmit power and HARM technique with high transmit power.
Keyword: MIMO, OFDM, Bayesian technique, GEOM, HARM, MAXMIN, maximum eigenvalue

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis Sistem MIMO-OFDM dengan Alokasi Daya dan Jenis Modulasi Menggunakan Teknik Bayesian
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bobby Juan Pradana
Perorangan
Sugihartono, Rina Pudji Auti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini