Penyisipan Data Pada Citra Medis Menggunakan Vector Quantization dan Pewarnaan Graf dengan Algoritma Genetika

Alan Nusra

Informasi Dasar

118100065
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Data rekam medis merupakan hal yang sangat penting digunakan pada rumah sakit sebagai representasi hasil diagnosa dari seorang pasien. Keamanan data ini menjadi prioritas utama karena bersifat sangat rahasia sehingga hanya pihak tertentu yang dapat mengetahui isi dari data tersebut. Pengiriman data yang berbentuk digital ke pihak tertentu menjadi sulit dilakukan pada jaringan internet yang digunakan oleh hampir semua orang. Steganography merupakan salah satu teknik untuk menjamin keamanan data yang bekerja dengan cara menyisipkan data ke dalam media tertentu , seperti citra, video, dan dokumen. Tugas akhir ini bertujuan menghasilkan suatu alat bantu berbasis software untuk menerapkan steganography yang disisipkan ke citra.

Preprocessing data dan citra yang dilakukan terdiri dari konversi hasil kompresi menggunakan Lempel-Ziv-Welch ke dalam bentuk bit dan pemisahan bagian Region of non-Interest (RONI) dengan bagian Region of Interest (ROI) pada citra USG (Ultrasonography) . ROI merupakan bagian terpenting dari sebuah citra USG yang menampilkan kondisi dalam tubuh, sehingga data akan disisipkan pada bagian RONI. Proses selanjutnya adalah pembentukan codebook menggunakan algoritma Linde Buzo Gray (LBG) sebagai referensi Vector Quantization (VQ) untuk kompresi citra. Data akan disisipkan pada blok yang menjadi anggota dari Refined Graph yaitu hasil penyaringan dari pewarnaan graf menggunakan Algoritma Genetika dengan titik merepresentasikan codeword yang terdapat dalam codebook pada saat citra direkonstruksi ulang.

Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa penyisipan data menggunakan Vector Quantization dan pewarnaan graf menggunakan Algoritma Genetika memberikan PSNR sebesar 27.8356 db dan MHC sebanyak 52056 bit yang setara dengan 4732 karakter untuk citra berukuran 576x760 pixel

Kata Kunci : Steganography , Vector Quantization , Algoritma Genetika, Region of non-InterestABSTRACT: Medical data is the most important thing used in hospital as a representation of diagnosis from patient. Data security is a top priority because it is so secret that only certain people the content of the data. In Internet network used by almost everyone, data is difficult to deliver to particular party. Steganography is one of some techniques for data security ensuring that works by embedding data into certain media, such as images, videos, and documents. The final project is to produce a software-based tool to implement steganography in images.

Data and images preprocessing is performed consisting of converting Lempel-Ziv-Welch (LZW) compression result to bit and separating Region of non Interest (RONI) with Region of Interest (ROI) from a USG (Ultrasonography) images. ROI is the important part of USG that shows the condition inside the body, so data will be embedded in RONI. Building codebook is performed by using Linde- Buzo-Gray (LBG) algorithm as Vector Quantization reference in image compression. Data will be embedded in image block which is a part of refined graph, a refining of graph coloring which is using Genetic Algorithm which vertex is a representation of codeword in codebook, when images reconstructs.

The results show that data embedding using Vector Quantization and graph coloring using Genetic Algorithm give performance PSNR 27.8356 db and MHC 52056 bits that represents 4732 characters for image sized 576x760 pixel

Keyword: : Steganography, Vector Quantization, Genetic Algorithm, Region of non- Interest

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Penyisipan Data Pada Citra Medis Menggunakan Vector Quantization dan Pewarnaan Graf dengan Algoritma Genetika
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Alan Nusra
Perorangan
Adiwijaya, Untari Novia Wisey
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini