PARALEL DETERMINAN MATRIKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONDENSASI PADA GPU

Zartikazahra Nurulfiqri

Informasi Dasar

118090045
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Metode Kondensasi adalah sebuah metode dalam penyelesaian determinan dari matriks persegi yang ditemukan oleh Charles Dodgson (1866) atau yang lebih dikenal dengan nama Irwis Carol. Metode penyelesaian determinan ini juga dilasanakan secara efisien dalam komputasi paralel. Komputasi paralel sangat dibutuhkan dalam masalah komputasi yang memiliki kompleksitas tingg sehingga dapat dikerjakan dengan cepat. Komputasi paralel membutuhkan hardware yang memiliki kinerja tinggi dan software yang memadai untuk mengeksekusi algorima secara paralel. Komputasi paralel ini dikerjakan menggunakan hardware Graphical Processing Unit (GPU).
Pada Tugas akhir ini dilakukan analisis ukuran matriks mulai dari 500x500 hingga 16.000x16.000 yang memberikan dampak yang signifikan pada penyelesaian determinan matriks dengan menggunakan metode kondensasi pada GPU dan CPU. Dari hasil analisis, didapatkan hasil bahwa rrrda awalnya dengan ukuran maftiks 500x500 penggunaan CPU lebih cepat dibandingkan dengan GPU. Namun terjadi perubahan ketika ukuran matriks 7.500x7.500 terjadi penurunan waktu komputasi pada GPU, sehingga kecepatan waktu komputasi yang dimiliki GPU lebih cepat dibanding dengan waktu komputasi yang dimiliki CPU.KATA KUNCI: Metode Kondensasi, Determinan, GPU ComputingABSTRACT: Condensation method is a method of computing the determinant of a square matrix due to Charles Dodgson (1866) or better known as Lewis Caroll. The method is also implemented efficiently in parallel computation, which is needed in problems high computational complexity. Parallel computing requires high-performance hardware and software compatible to execute the algorithm in parallel by using Graphical Processing Unit (GPU).
In this final project, we analyze matrix size starting from 500x500 up to 16.000x16.000 which have a significant impact on evaluating determinants of matrix using condensation method on the CPU an the GPU. The analyze showed that in the beginning, the CPU compute faster than the GPU in matix size 500x500. However CPU computing perform faster when we reach 7.500x7.500 of matrix size.KEYWORD: Condensation Method, Determinant, GPU Computing.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

PARALEL DETERMINAN MATRIKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONDENSASI PADA GPU
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Zartikazahra Nurulfiqri
Perorangan
Fitriyani , Rian Febrian Umbara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini