Pembangunan Aplikasi Android Tempat Perbelanjaan "Belanjaku" Menggunakan Metode Iterative dan Incremental

Rio Farizki

Informasi Dasar

116080001
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, manusia melakukan kegiatan belanja. Hal ini menyebabkan munculnya banyak tempat perbelanjaan. Banyaknya tempat perbelanjaan ini membuat persaingan antara pemilik tempat perbelanjaan semakin ketat, bahkan sudah ada yang memanfaatkan teknologi internet dalam memberikan informasi tempat perbelanjaan miliknya. Akan tetapi, pelanggan hanya dapat mengetahui informasi tempat perbelanjaan tersebut dan tidak dapat melihat informasi tempat perbelanjaan lainnya. Untuk itu di perlukan sebuah portal tempat perbelanjaan yang dapat memberikan informasi tempat perbelanjaan, baik untuk satu tempat atau banyak tempat. Dalam penelitian ini dibangun aplikasi tempat perbelanjaan dengan menggunakan metode iterativeand incremental yang dapat memberikan informasi tempat perbelanjaan.
Aplikasi ini menggunakan platformAndroid, platformini telah banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu juga, dalam pengumpulan sumber informasi tempat perbelanjaan aplikasi ini menerapkan konsep crowdsourcingdan mobileportal. Konsep crowdsourcing ini merupakan pengembangan dari outsourcing dimana crowd dibutuhkan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Penerapan konsep crowdsourcing pada aplikasi berfungsi untuk memberikan kesempatan pada pengunjung untuk berbagi informasi tempat perbelanjaan.Mobileportalmerupakan pengembangan dari webportal yang memiliki karakteristik unik ubiquity, localization, personalization dan convenience. Analisis dan perancangan dari aplikasi ini menggunakan UML. Untuk bahasa pemrograman aplikasi Android menggunakan Java Native serta PHP frameworkCodeigniter sebagai webserver. Selanjutnya aplikasi diuji dengan melakukan pengujian fungsionalitas sistem dan feedbackuser. Hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi yang dibangun sudah sesuai dengan perancangan sistem dan kebutuhan pengguna.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Android “Belanjaku” yang dapat mempermudah pengguna untuk berbagi informasi tempat perbelanjaan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat melakukan pencarian informasi tempat perbelanjaan sesuai kebutuhan.KATA KUNCI: crowdsourcing, platformAndroid, Mobileportal.ABSTRACT: In day-to-day needs, humans perform shopping activities. This led to the emergence of many shopping places. The number of shopping this makes the competition between the owners of the shopping places increasingly stringent, there's even a technology that utilizes the Internet to provide information of his shopping. However, only the customer can know the shopping information and can not see the other shopping information. Need for it in a shopping portal that can provide shopping information, either to one place or many places. In this study, a shopping application built using the iterative and incremental methods can provide shopping information.
This application uses the Android platform, this platform has been widely used by the public. In addition, in the collection of shopping resources is to apply the concept of crowdsourcing applications and mobileportals. The concept of crowdsourcing is the development of outsourcing in which the crowd needed to provide solutions to existing problems. Application of the concept of crowdsourcing on the application serves to provide opportunities for visitors to share information shopping. Mobileportal is the development of a webportal which have unique characteristics ubiquity, localization, personalization and convenience. Analysis and design of the application using UML. For Android applications using the programming language and the Java Native Codeigniter PHP framework as a webserver. Furthermore, the application is tested with a test system functionality and user feedback. The test results showed that the application has been built in accordance with the system design and user requirements.
The results of this research is an Android application“Belanjaku”that can help users to share information shopping. In addition, this application also searches for shopping information as needed.KEYWORD: crowdsourcing, platformAndroid, Mobileportal.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

Pembangunan Aplikasi Android Tempat Perbelanjaan "Belanjaku" Menggunakan Metode Iterative dan Incremental
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rio Farizki
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo , Fauzan Azmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini