DESAIN DAN IMPLEMETASI ALAT MONITORING BUS BERBASIS MIKROKONTROLER

Midun Anthoni Banjarnahor

Informasi Dasar

115100052
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan kemajuan zaman, maka tingkat kebutuhan manusia juga akan semakin berkembang. Demikian juga halnya dalam bidang transportasi, khususnya bus angkutan antar kota. Ada kalanya, bus tersebut berangkat dari terminal, namun tidak dalam kondisi penuh. Hal ini tentunya sudah menjadi resiko dari perusahaan bus tersebut untuk kerugian yang akan dialaminya.
Namun kita tidak tahu bagaimana proses transportasi tersebut setelah berangkat dari terminal. Yang diketahui hanyalah seberapa jumlah penumpang pada saat di terminal, maka jumlah itulah yang akan sampai ke terminal tujuan selanjutnya. Bisa saja supir dari bus tersebut menaikkan penumpang di pertengahan jalan, tanpa diketahui oleh pemilik perusahaan tersebut. Hal itu akan menjadi keuntungan bagi supir, namun kerugian bagi perusahaan. Disamping pendapatan yang harusnya bertambah, proses menaikkan penumpang butuh waktu, dan hal itu akan menunda ketepatan perencanaan dan prediksi waktu tiba di terminal selanjutnya.
Dalam tugas akhir ini dirancang sebuah alat yang mampu meminimalisir kecurangan tersebut. Setiap saat bus berhenti, modul GPS akan mengupdate lokasi mobil berhenti dan menyimpan data tersebut. Hasil data dari modul GPS dapat di tampilkan di PC (personal computer) melalui komunikasi serial dengan bantuan software gobetwino. Pada saat itu juga sensor PIR akan mendeteksi ada atau tidaknya orang yang akan naik ke bus. Apabila ternyata ada orang, maka smartphone akan mengambil gambar dan mengupdate posisi secara online. Data tersebut akan di simpan di media penyimpanan smartphone. Dengan demikian kecurangan yang terjadi akan semakin minimal. Sistem monitoring yang dirancang tersebut berbasis mikrokontroler, modul GPS,sensor PIR, limit switch, PC dan smartphone.KATA KUNCI: GPS, limitswitch, mikrokontroler, PIR, smartphone.ABSTRACT: Along with the progress of time, the level of human needs will also grow. Similarly, in the field of transport, particularly public transport buses. Sometimes, the bus departed from the terminal, but not in full condition. It must have been a risk of the bus company for damages to be suffered. But we don’t know how the transport process after departing from the terminal.
But we don’t know how the transportation process takes place after the buses go from the terminal. It could be that the driver of the bus passengers in the middle of the journey take the passenger illegally without being noticed by the owner of the company. Other disadvantages are the income should have been more than the company has at the moment, taking illegal passenger will take additional time, and the arrival time will be irregular and unpredictable.
In this final project,a tools is designed that is able to minimize fraud cases. Every time the bus stopped, the GPS module will update the location of the car and save the data. Data from GPS module can be displayed on a PC(Personal Computer) through the serial communication with the help of software gobetwino. At the moment, the PIR sensor will detect whether the person would go up to the bus. If it turn out there is one, then the smartphone will take picture and update the position with online GPS from smartphone. The data will be stored in the smartphone storage. Thus cheating that occurs will be minimal. The monitoring system is designed based in microcontroller, GPS module, PIR sensors, Limit switch, PC and smartphone.
KEYWORD: GPS, limitswitch,microcontroller, PIR,smartphone.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMETASI ALAT MONITORING BUS BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Midun Anthoni Banjarnahor
Perorangan
Sarwoko , Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini