RANCANG BANGUN PEMODELAN LIFT MENGGUNAKAN KENDALI CERDAS BERBASIS FUZZY LOGIC

RAJOKIDA B PURBA

Informasi Dasar

115100023
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem otomasi merupakan suatu sistem yang selalu membutuhkan perkembangan teknologi yang dapat membuat sistem tersebut lebih fleksibel dan mudah untuk dilakukan penyesuaian. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengaplikasikan sistem otomasi pada lift. Dimana lift adalah alat bantu yang pada umumnya digerakkan menggunakan motor listrik dimana alat bantu ini berguna mengangkat suatu objek tertentu secara vertikal.
Sistem kontrol yang digunakan pada pemodelan lift ini menggunakan metode Fuzzy Logic. Logika Fuzzy adalah logika yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Kontroler yang digunakan pada pemodelan lift ini adalah Schneider Programmable Logic Control (PLC) dan Arduino Uno. PLC merupakan kontroler yang dirancang khusus menggantikan sistem kontrol berbasis relay. Dengan PLC ini perancangan sistem menjadi lebih mudah menelusuri kesalahan sistemnya. Metode Logika Fuzzy yang diimplementasikan dalam PLC adalah metode Fuzzy Logic Sugeno untuk menemukan nilai yang tepat untuk kecepatan yang nyaman dalam penggunaan lift. Implementasi metode Logika Fuzzy pada sistem ini dapat mengontrol kecepatan motor secara real time walaupun dengan berat beban yang bervariasi dan jarak yang dilalui lift. Arduino Uno hanya digunakan untuk mengubah nilai Digital to Analog Converter (DAC) dari PLC menjadi nilai PWM.
KATA KUNCI: Prototype Lift, PLC, Arduino Uno, Kontrol Kecepatan, Fuzzy Logic, jarak dan berat beban. DAC, PWM.ABSTRACT: Automation system is a system which always need the development of technology in order to make the system more flexible and easy to readjust. This final project is aiming for the application of automation system in a lift. Lift is a transportation equipment, usually moved by using the electrical motor, to elevate people or goods vertically.
The control system which used in this modelling of lift is using Fuzzy Logic Method. Fuzzy Logic is a logic dealing with the concept of partial truth. Controllers which used in this modelling of lift are Schneider Programmable Logic Control (PLC) and Arduino Uno. PLC is a controller that specially designed to replace the relay-based control system. By using PLC, the system is easier to do error-tracing. Fuzzy Logic method that being implemented inside the PLC is Sugeno’s Fuzzy Logic Method to find the appropriate value for the comfort velocity when using the lift. Implementation of Fuzzy Logic method on the control system can control the motor speed in real time even with heavy loads and distance traveled varies the lift. Arduino Uno just use to convert value of Digital to Analog Converter (DAC) from PLC become value of PWM.
KEYWORD: Modelling of Lift, PLC, Arduino Uno, Control Velocity, Fuzzy Logic,Distance Heavy Load, DAC, and PWM.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

RANCANG BANGUN PEMODELAN LIFT MENGGUNAKAN KENDALI CERDAS BERBASIS FUZZY LOGIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAJOKIDA B PURBA
Perorangan
Erwin Susanto, Ph.D , Usep Ali Albayumi,S.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini