Analisis dan Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Web Usage Mining (Studi Kasus : Aktifitas Internet Telkom University)

Stefan Bimarsana Syarief

Informasi Dasar

113090245
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini penggunaan internet sebagai sumber informasi sedang berkembang dengan pesat. Dengan memanfaatkan media internet ini, pengguna dapat memperoleh informasi secara cepat, di mana saja dan kapan saja tanpa terhalang oleh ruang dan waktu. Informasi-informasi tersebut disimpan dalam sebuah wadah yang biasa disebut dengan website.Agar proses pencarian informasi berjalan lebih efektif maka perlu diperhatikan performasi dan kualitas website tersebut sehingga informasi yang didapat oleh pengguna merupakan informasi yang memang diperlukan. Salah satu tolak ukur yang bisa digunakan untuk meningkatkan performasi dan kualitas dari satu website adalah dengan melihat pola kecenderungan pengguna dalam mengakses website tersebut menggunakan ilmu Web Mining. Pada penelitian ini, ilmu web mining yang dipakai adalah clustering menggunakan algoritma fuzzy c-means. Data log yang digunakan berasal dari situs baa.ittelkom.ac.id yang kemudian akan dilakukan preprocessing untuk mengambil bagian yang dibutuhkan seberti ip address, url, dan waktu akses user. Cluster yang terbentuk mewakili pola akses pengguna dari website tersebut.
KATA KUNCI: Fuzzy c - means, web usage mining, clustering, web log, transaksi, pola akses.ABSTRACT: Nowdays, the usage of internet as the source of inform ation is growing rapidly. By using the internet media, user can get information from anywhere and anytime without the boundaries of time and space. Those information is kept in a place that are usually called websites. The quality and performance of the we bsite should be a concern to make the searching process more effective so that the information that the user is getting is realy the information that they need. One of the bencmark that can be used to improve the performance and quality of a certain websit e is to see user pattern that accessed the web using Web Mining method. In this research the web mining method that is used is clustering and using fuzzy c - means algorithm. The data log that are used originated from baa.ittelkom.ac.id sites then the data i s preprocessed to get the bits that are needed such as ip address, url, and user access time. The cluster that are made represent user access pattern that used the website.
KEYWORD: Fuzzy c - Means, web usage mining, clustering, web log, transaction, acces s pattern

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Web Usage Mining (Studi Kasus : Aktifitas Internet Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Stefan Bimarsana Syarief
Perorangan
Eko Darwiyanto , Veronikha Effendy
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini