Penggabungan dan Perbaikan Citra Menggunakan Metode Wavelet Decomposition pada Image Registration dan Image Fusion

Christian Zendry L

Informasi Dasar

113081137
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Permasalahan dalam multiresolusi dalam pengambilan gambar panoramic dengan ukuran yang cukup luas sering terjadi dalam kehidupan sehari – hari diakibatkan posisi pengambil gambar. Hal ini membuat gambar yang diambil harus dipotret beberapa kali dan kemudian disatukan sendiri secara manual oleh user. Selain itu, di dalam pengambilan gambar, kadang kamera yang digunakan tidak begitu fokus sehingga saat pengambilan gambar ada beberapa daerah hasil foto yang blur. Akibatnya perlu pengambilan beberapa kali.

Tugas akhir ini dapat digunakan sebagai suatu cara untuk menggabungkan gambar – gambar yang diambil secara terpisah dan juga menggabungkan nilai – nilai informatif data yang ada di dalam setiap daerah irisan gambar. Dengan menggunakan metode wavelet decomposition, akan memproses gambar pada tahap pre-processing agar pada perhitungannya dapat mempermudah pemrosesan utama. Pada image registration, image yang akan disatukan, dipecah dulu menjadi wavelet-wavelet yang akan dihitung titik kesamaannya. Sementara di image fusion, image yang akan disatukan dapat dibandingkan nilai informatifnya.

Dari pengujian yang dilakukan ditemukan suatu pengaruh tingkat kecerahan image dari sisi histogram yang berhubungan dengan performansi sistem. Pada inputan data berupa citra yang berwarna lebih gelap, ditemukan tingkat akurasi yang lebih baik. Sistem juga menunjukkan tingkat keoptimalan dari segi processing time dan akurasi penempelan registrasi pada parameter – parameter tertentu. Sementara jika menggunakan parameter yang tidak pas, akan menyebabkan kegagalan registrasi ataupun error dari segi principal konsep.Kata Kunci : Penggabungan gambar, wavelet, Image fusion, Image RegistrationABSTRACT: Problem in multiresolution at taking pictures for panoramic view in large scale has commonly happens in daily life caused by limitation in position to take pictures. This kind of things forced user to take pictures several times then manually registered the pictures. After that, in taking pictures, camera also has its own limitations that make some area in pictures get some blur. This also demand user to taking pictur several time and try until they get the correct one.

In this final project, there is some solution to registered pictures that separately different and combine informative values in pictures combination. Using wavelet decomposition method will help to its pre-processing the image so at the processing, the system will easier to process. In same way both for registration and fusion, wavelet decomposition will decompose the image to wavelets. For registration it will help to find the control points. While for fusion, it will help to find the more informative point.

From the system testing, there are some anomaly that shows color intensity of image from its histogram related to the system performance. For image data that have a dark color intensity, the accuracy and processing time is better. The system also shows some optimal time and accuracy in registration process when use some combination of parameters. While in incorrect parameters, registration will failed or even error in concept principal.Keyword: combine image, wavelet, image fusion, image registration

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Penggabungan dan Perbaikan Citra Menggunakan Metode Wavelet Decomposition pada Image Registration dan Image Fusion
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Christian Zendry L
Perorangan
Bedy Purnama, Mahmud Dwi Suliiyo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini