Analisis Implementasi Quality of Service (QoS) Berbasis Protokol RSVP dan Jaringan MPLS pada Jaringan IMS

Muhamad Bambang Hidayanto

Informasi Dasar

113081095
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan IP berbasis best-effort memiliki kelemahan pada layanan QoS yang dimilikinya. Hal ini disebabkan tidak ada mekanisme yang dimiliki oleh jaringan IP berbasis best-effort untuk menanggapi respon layanan, sehingga setiap layanan akan diperlakukan sama. Degradasi berupa meningkatnya delay, packet loss dan jitter serta menurunnya throughput yang dihasilkan dari jaringan akibat dari tidak adanya jaminan QoS pada jaringan IP berbasis best-effort yang dialami oleh layanan berbasis real-time. Dibutuhkan suatu mekanisme yang dapat menjamin QoS untuk meningkatkan perfomansi jaringan terutama pada layanan berbasis real-time.

Pada tugas akhir ini teknologi yang memiliki dukungan QoS berupa protokol Resource Reservation Protocol (RSVP), jaringan Multi-Protocol Label Switching (MPLS) dan Traffic Engineering (TE) serta penerapan jaringan core berbasis IP-Multimedia Subsystem (IMS) akan diteliti dan dianalisis peranannya dalam simulasi perancangan arsitektur jaringan. Metode yang dilakukan adalah dengan merancang skenario berupa kombinasi penerapan masing-masing teknologi untuk mengetahui rancangan mana yang menghasilkan performasi QoS yang paling baik.

Hasil dari penelitian adalah kombinasi protokol RSVP dan jaringan MPLS dalam membangun Traffic Engineering (MPLS-TE) dapat memberikan solusi perancangan arsitektur core jaringan yang menyediakan QoS untuk layanan VOD yang dilewatkan. Arsitektur jaringan tersebut dapat dikombinasikan dengan IMS untuk meningkatkan QoS dari jaringan yang meminimalisir delay, jitter, dan packet loss serta meningkatkan throughput.Kata Kunci : best-effort, QoS, RSVP, MPLS, MPLS-TE, IMS, VODABSTRACT: Best effort in IP network has a weakness in less capabality of QoS. IP network with best effort characteristic has no mechanism to differentiate the type of service in network. Delay, packet loss, jitter will occur with high value and also throughput of the network will be decreasing as it the effect for no mechanism to guarantee the QoS for real-time service in network. The need of mechanism to ensure the QoS is a must to increase network performance especially for real-time service.

In this final project the technology which have QoS mechanism such as Resource Reservation Protocol (RSVP), Multi-Protocol Label Switching (MPLS) network and implementation of IP-Multimedia Subsystem (IMS) as the sub-system for the network will be analyzed as their role to be a part in simulation of QoS based network architecture. There will be some scenarios of their combination as they will be tested to find out the best scenario with high performance of QoS.

As the result the combination of RSVP and MPLS to create Traffic Engineering (TE) and the implementation of IMS in the network is giving a solution to overcome QoS problem in IP network with best-effort character as the service of the network is VOD in Wired Network Ipv4 protocol.Keyword: best-effort, QoS, RSVP, MPLS, MPLS-TE, IMS, VOD

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Implementasi Quality of Service (QoS) Berbasis Protokol RSVP dan Jaringan MPLS pada Jaringan IMS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhamad Bambang Hidayanto
Perorangan
Anton Herutomo, Gandeva Bayu Satrya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini