Implementasi dan Analisis Evolution Strategies (ES) Pada Unit Commitment Problem (UCP)

Aditya Bagus Setyadi

Informasi Dasar

113081086
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Biaya operasional mesin pembangkit listrik merupakan biaya terbesar dari seluruh biaya operasional sistem tenaga listrik. Oleh karena itu penjadwalan yang tepat dan efisien serta tidak melanggar batasan-batasan yang ada akan menghasilkan biaya yang minimal. Penjadwalan mesin yang beroperasi dan mesin yang tidak aktif akan menghasilkan biaya start-up mesin yang optimum. Selain menjadwalkan mesin mana yang beroperasi akan dihitung juga berapa besaran daya yang akan dihasilkan masing-masing mesin. Besaran daya ini juga berpengaruh pada biaya operasional. Besaran daya ini biasanya dihitung dengan menggunakan metode iterasi lambda. Permasalahan ini lebih dikenal sebagai unit commitment problem (UCP). UCP memiliki batasan-batasan berupa karakteristik mesin-mesin pembangkit itu sendiri serta permintaan besaran arus listrik dari pelanggan.

Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengimplementasikan evolution strategies (ES) yang merupakan algoritma optimasi. ES pada umumnya menggunakan representasi real sehingga memerlukan modifikasi pada proses evolusinya karena menggunakan representasi biner untuk menyesuaikan pada UCP. Pada ES proses pencarian solusi lebih menekankan pada proses mutasi. Dengan menggunakan parameter strategi setiap gen pada suatu populasi bermutasi hingga generasi tertentu untuk mencari solusi yang paling baik. Solusi awal dibangkitkan secara random untuk kemudian berevolusi dengan rekombinasi dan atau mutasi saja.

Dari hasil tugas akhir ini memperlihatkan bahwa ES juga mampu untuk menyelesaikan permasalahan kombinatorial dengan menggunakan representasi biner. Selain itu juga ES mempunyai performansi yang lebih baik dibandingkan dengan algoritma genetik.Kata Kunci : optimasi biaya, evolution strategies, unit commitment problem, kombinatorialABSTRACT: Power plant machine operating costs is the biggest cost of all power system operating costs. Therefore, the proper and efficient scheduling which does not violate the existing constraints would result a minimal cost. Scheduling engine operating from inactive machines will produce the engine start-up cost. Besides to scheduled the operation of the machine, it also calculated the amount of the power produced form each machine which is scheduled to operate. The amount of power produced from each machine it also affects the operational costs. Amount of power is usually calculated using the lambda iteration method. This problem is known as the unit commitment problem (UCP). UCP has constraints such as the characteristics of the power plant machines itself as well as the amount of electrical current demand from customers.

The purpose of this final project is to implement evolution strategies (ES) which is an optimization algorithm. ES generally using real representation so that it requires modifications to the process of evolution because it using binary representation to adjusting for UCP. ES solution search process more emphasis on the process of mutation. By using the strategy parameters each gene in population mutated until particular generation to find the best solution. The initial solution randomly generated and then evolved by recombination and mutation or mutation alone.

From the results of this final project showed that ES is also able to solve combinatorial problems using binary representation. In addition, the ES has a better performance compared with the genetic algorithm.Keyword: unit commitment problem, optimization, evolution strategies, scheduling.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Evolution Strategies (ES) Pada Unit Commitment Problem (UCP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aditya Bagus Setyadi
Perorangan
Deni Saepudin, Untari Novia Wisey
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini