Implementasi Neuro Fuzzy Function Approximator (Nefprox) dalam Prediksi Curah Hujan

Nur Ika Trisnawati

Informasi Dasar

113081068
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan masyarakat akan perkiraan cuaca terutama curah hujan sekarang ini menjadi sangat penting untuk merencanakan segala aktifivitas. Curah hujan juga memiliki beberapa peran penting dalam berbagai sektor, antara lain sektor pertanian dalam menentukan kapan masa tanam suatu tanaman, transportasi terutama laut dan udara. Curah hujan juga menjadi bahan pertimbangan ketika seseorang akan mengadakan suatu event besar, misalkan orang akan cenderung berpiknik dalam cuaca cerah. Pemikiran orang ini didasarkan pada keadaan hari-hari sebelumnya atau ada kebiasaan yang sifatnya tetap. Orang bisa mengatakan demikian karena ada historis atau keadaan sebelumnya banyak curah hujan pada bulan tersebut.

Metode yang dipakai untuk menyelesaikan kasus prediksi curah hujan adalah Neuro-Fuzzy Function Approximator (NEFPROX). Metode ini menggabungkan antara kemampuan penalaran yang dimiliki fuzzy dengan kemampuan learning yang dimiliki neural network. Function approximator atau pendekatan fungsi dapat didefinisikan dari pasangan data input dan output yang dilatihkan, maka fungsi kontinyu untuk memetakan pasangan data tersebut dapat diketahui. Hasil dari metode ini adalah arsitektur sistem fuzzy yang optimal yang telah dilatih menggunakan neural network. NEFPROX memiliki 2 tahap pembelajaran, yang pertama adalah pembelajaran untuk menghasilkan rule bagi fuzzy (structure learning) sedangkan yang kedua adalah pembelajaran untuk pergeseran atau modifikasi parameter-parameter fuzzy (parameter learning).

Pada tugas akhir ini akan dianalisis beberapa parameter pembelajaran seperti epoch dan learning rate dalam membentuk arsitektur fuzzy untuk peramalan curah hujan. Selain itu akan diteliti pula faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap curah hujan. Hasil yang didapatkan dari pengujian menunjukkan error rata-rata terkecil sebesar 18,58 dan akurasi klasifikasi sebesar 70,3%.Kata Kunci : prediksi curah hujan, neural network, fuzzy, nefproxABSTRACT: Community needs for weather forecasts rainfall especially now become very important to plan everything activity. Rainfall also has several important roles in various sectors, including agriculture in determining when the planting of a crop, especially marine and air transportation. Rainfall is also taken into consideration when a person will be holding a major event, suppose that people will tend to have a picnic in fine weather. People's thinking is based on the state of the previous days or customs that are still there. One can say that because there are lots of historical or previous condition of rainfall for the month.

The method used to solve the case of rainfall prediction is Neuro-Fuzzy Function Approximator (NEFPROX). This method combines fuzzy reasoning skills possessed by the learning ability of neural network owned. Function approximator or function approach can be defined from the input and output data pairs are drilled, then the pair of continuous functions to map data can be discovered. The results of this method is an optimal fuzzy system architecture that has been trained using a neural network. NEFPROX has 2 stages of learning, the first is learning to generate rules for fuzzy (structure learning) while the second is learning to shift or modification of the fuzzy parameters (parameter learning).

At the end of this task will be analyzed several parameters such as the epoch of learning and the learning rate in the form of fuzzy architecture for rainfall forecasting. Additionally, it will also researched the factors that most influence on rainfall. Results obtained from testing showed the smallest average error of 18.58 and classification accuracy of 70.3%.Keyword: rainfall forecasting, neural network, fuzzy, nefprox

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Neuro Fuzzy Function Approximator (Nefprox) dalam Prediksi Curah Hujan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nur Ika Trisnawati
Perorangan
Jondri, Intan Nurma Yulita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini