Pengenalan Lokasi Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Fourier Transform & Spectral Analysis

Rofid Rahmadi

Informasi Dasar

113081028
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jumlah kendaraan di Indonesia meningkat setiap waktu. Jumlah kendaraan yang besar akan meningkatkan kebutuhan lahan parkir. Hal ini menyebabkan meningkatnya frekuensi keluar-masuk kendaraan di lahan parkir sehingga frekuensi pencatatan nomor kendaraan juga akan meningkat. Dengan jumlah kendaraan yang besar, pencatatan yang dilakukan manusia akan menyebabkan tingkat human error semakin besar. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk menggantikan tugas manusia dalam pencatatan nomor kendaraan.Salah satu cara yang digunakan adalah Automatic Number Plate Recognition (APNR) yang merupakan sebuah sistem yang dapat mengenali nomor kendaraan secara otomatis dengan menggunakan alat optik tertentu (seperti kamera) untuk mendapatkan data input.
Pada tugas akhir ini difokuskan pada proses License Plat Localization(LPL) yaitu pengenalan lokasi plat nomor pada kendaraan. Fourier Transform dan Spectral Analysis digunakan dalam mengimplementasikan sistem pengenalan lokasi plat nomor kendaraan. Fourier Transform akan menghasilkan power spectrum yang diproses oleh Spectral Analysis untuk mendapatkan lokasi plat nomor dari sebuah kendaraan. Data input yang digunakan berupa citra kendaraan dengan berbagai jenis dan kondisi.
Dari percobaan yang telah dilakukan, tingkat akurasi sistem dalam mengenali lokasi plat nomor cukup baik. Akurasi terbaik dihasilkan pada kendaran berjenis SUV yaitu 100%, sedangkan akurasi yang kurang baik dihasilkan pada kendaraan berjenik truk dan kendaraan dengan pengambilan 45 derajat dari samping yaitu 52,5% dan 32,5%.
Kata Kunci : APNR, kendaraan, plat nomor kendaraan, Fourier Tranform, Spectral AnalysisABSTRACT: The number of vehicles in Indonesia increased each time. Large number of vehicles will increase the need for parking space. This leads to increased frequency of exit-entry vehicle in the parking lot so that the frequency of vehicle registration numbers will also increase. With a large number of vehicles, recording by human will lead to greater levels of human error. Therefore we need a way to replace human tasks in the vehicle registration number. The Solution is to use the Automatic Number Plate Recognition (APNR) which is a system that can automatically identify the number of vehicles using certain optical instruments (such as a camera) to obtain the input data.
This final project focused on the License Plate Localization (LPL) that recognize the location of license plate number on vehicle. Fourier Transform and Spectral Analysis were used in order implement this system. The power spectrum which produced by Fourier Transform will be processed by Spectral Analysis to get the location of a vehicle license plate number. The input data which was used in this research are images of vehicles with different types and conditions.
Based on the experiments, the level of system’s accuracy in recognizing the license plate location is quite good. Produced the best accuracy in SUV type vehicle that is 100%, while the accuracy is less good is produced on the vehicle type trucks and vehicles which is taken 45 degrees from the side that is 52,5% and 32,5%.Keyword: APNR, vehicle, license plate, Fourier Tranform, Spectral Analysis

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Pengenalan Lokasi Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Fourier Transform & Spectral Analysis
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rofid Rahmadi
Perorangan
Deni Saepudin, Sriyani Violina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini