Enkripsi Selektif Video MPEG dengan Algoritma RSA

Prati Hutari Gani

Informasi Dasar

113081005
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tugas Akhir ini membahas perancangan keamanan video dengan menerapkan metode enkripsi selektif dalam mengamankan data video. Pada umumnya, data video memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan data digital lainnya (seperti data rahasia pada sebuah perusahaan, informasi bank, dll). Maka dari itu enkripsi selektif dipilih dalam mengamankan data video karena enkripsi selektif adalah salah satu metode yang dapat mengatasi permasalahan performansi. Enkripsi selektif merupakan sebuah teknik untuk mengenkripsi sebagian porsi dari data video, sedangkan data lainnya dibiarkan sebagaimana adanya. Enkripsi dilakukan dengan algoritma RSA, salah satu dari public-key cryptosystem yang sangat sering digunakan untuk memberikan privasi terhadap keaslian suatu data digital. Keamanan enkripsi/dekripsi data model ini terletak pada kesulitan untuk memfaktorkan modulus n yang sangat besar.

MPEG-1 dan MPEG-2 merupakan format video yang digunakan pada tugas akhir ini, karena kedua format tersebut memiliki struktur bitstream yang hampir sama, sehingga pemrosesannya dapat dilakukan dengan satu algoritma. Data visual yang akan dienkripsi adalah pada lapisan picture yaitu frame I dan frame P. keamanan video dapat dicapai dengan mengenkripsi data ini.

Pada tugas akhir ini akan dibangun sebuah perangkat lunak dengan menggunakan platform Java berdasarkan perancangan. Pengujian yang dilakukan yaitu dengan mengenkripsi dan mendekripsi video dengan format MPEG-1 dan MPEG-2. Hasil pengujian mengujian bahwa keamanan video dapat direalisasikan dengan menggunakan metode enkripsi selektif dan key length pada algoritma RSA yang sesuai untuk diimplementasikan dan sesuai dengan kebutuhan yang dapat dilihat pada parameter Brute Force Attack.

Kata Kunci : Video MPEG, Kriptografi, Selektif, RSA, Brute Force AttackABSTRACT: This final project discusses the design of video security by applying selective encryption method to secure the video data. In general, the video data has a lower value compared with other digital data (such as confidential data on a company, bank information, etc.). Therefore selective encryption to secure the data selected in the video for selective encryption is one method that can resolve performance problems. Selective encryption is a technique to encrypt a portion of the video data, while other data is left as it is. Encryption uses RSA algorithm, one of the public-key cryptosystem that is very often used to provide privacy to the authenticity of the digital data. Security encryption / decryption of data this model is the difficulty of factoring the modulus n is very large.

MPEG-1 and MPEG-2 are the video format used in this final project, since both formats have bitstream structures are virtually identical, so that the processing can be done with a same single algorithm. Visual data to be encrypted is the layer of the picture frame I and frame P. Video security can be achieved by encrypting the data.

In this final project will be built a software using the Java platform based design. Tests conducted is to encrypt and decrypt video with MPEG-1 and MPEG-2. Test results video examines the security can be realized by using selective encryption method and key length corresponding to the RSA algorithm to be implemented and in accordance with the needs that can be seen on the parameters of Brute Force Attack.

Keyword: MPEG Video, Cryptography, Selective, RSA, Brute Force attack

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Enkripsi Selektif Video MPEG dengan Algoritma RSA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Prati Hutari Gani
Perorangan
Maman Abdurrohman S.T, M.T,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini