Validasi Data Lisensi Aplikasi Menggunakan Algoritma RSA dan AES

Swara Hardhika

Informasi Dasar

113080278
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Lisensi aplikasi berguna untuk melindungi hak cipta pembuat software agar tidak disalahgunakan dan diedarkan secara sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bagi pembuat software membuat lisensi aplikasi yang aman adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Sekarang banyak beredar aplikasi-aplikasi komputer bajakan yang dilengkapi dengan cracker atau keygen yang mampu menjebol keamanan lisensi aplikasi. Solusi yang dapat diberikan adalah melakukan validasi lisensi aplikasi menggunakan koneksi internet untuk berhubungan dengan server pembuat software agar data validasi disimpan dan bisa diperiksa setiap aplikasi diinstal kembali. Sehingga aplikasi tidak bisa dipindahkan dan digunakan tanpa izin dari server.

Tujuan tugas akhir ini adalah memanfaatkan algoritma RSA dan AES untuk membuat sebuah metode lisensi aplikasi yang menggunakan serial number motherboard dan hardisk sebagai identitas unik dari sebuah komputer. Dari tugas akhir ini didapatkan sebuah metode validasi lisensi aplikasi yang bisa diandalkan dari segi waktu, kemanan dan kepercayaan user melalui kode aktivasi sehingga hak cipta dari pembuat software dapat dilindungi dari pembajakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.Kata Kunci : lisensi, rsa, enkripsi, kriptografi, serial number, aesABSTRACT: License application is useful for protecting software copyrights being abused and arbitrarily distributed by irresponsible parties. For software developer create a secure application licensing is a difficult thing to do.

Now there are so many pirated computer applications equipped with a cracker or keygen (Key Generator) are able to break the security of license application. Solutions that can be offered is a license validation process application that connects to the server application software developers so that the data can be stored and re-checked every time software installed or moved. So that the application can not be moved and used without permission from the server.

Purpose of this final task is to utilize RSA and AES algorithms to create a method of licensing applications using the motherboard and hard drive serial number as a unique identifier of a computer. From this final task obtained a validation method of license application that reliable in terms of time, security and user confidence through the activation code so that the copyright of the manufacturer's software can be protected from piracy by irresponsible parties.Keyword: License, Cryptography, RSA, AES, Encryption, Serial number

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Validasi Data Lisensi Aplikasi Menggunakan Algoritma RSA dan AES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Swara Hardhika
Perorangan
Tri Brotoharsono, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini