Analisis Metode Ontologi TOVE Untuk Membangun Model Data Electronic Medical Record (EMR)

Defy Dwi Murpy

Informasi Dasar

113080275
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sebuah rekam medis merupakan data pribadi seorang pasien mengenai riwayat medis yang pernah diderita oleh seorang pasien. Hal ini pun sangat bermanfaat bagi pelaku medis khususnya dokter dalam menangani pasien terlebih dalam memberikan resep obat kepada pasien apalagi bagi pasien yang pernah mengalami alergi obat. Oleh karena itu, dibutuhkan pencatatan rekam medis yang rapi dan mudah diakses oleh pelaku medis.

Electronic Medical Record (EMR) adalah sebuah rekam medis pasien dalam bentuk digital yang dirancang dinamis, fleksibel dan memiliki skalabilitas yang tinggi. Dalam tugas akhir ini, akan dibangun model data EMR.

Permasalahan yang kerap muncul dalam EMR ini adalah terus bertambahnya data-data pasien, dan ini pasti akan terus bertambah. Hal ini akan berimbas kepada kecepatan retrieve data pasien mengingat data pasien yang ada sangat banyak. Pada tugas akhir ini akan digunakan metode ontologi TOVE dalam membangun model data EMR yang fleksibel. Dalam membangun hirarki model data EMR ini, digunakan tool protégé dengan menggunakan query SPARQL.

Dalam kasus ini, metode ontology TOVE memiliki waktu retrieve yang relatif lebih baik dibandingkan dengan metode lain. Sedangkan dalam melakukan update, metode TOVE dapat melakukan update dengan tepat pada kelas yang sesuai.Kata Kunci : EMR, Ontologi, TOVE, protégé, SPARQL.ABSTRACT: A medical record is private data about a patient's medical history that ever suffered by a patient. It is also very beneficial for the actors, especially the medical doctors treating patients especially in providing prescription drugs to patients especially for patients who have had drug allergies. Therefore, the required record keeping medical records are neat and easily accessible by medical actors.

Electronic Medical Record (EMR) is a patient's medical record in digital form designed a dynamic, flexible and has high scalability. In this final task, will be built EMR data model.

The problems that often arise in the EMR is the continued increase in patient data, and this will surely continue to grow. This will affect the speed of data retrieval of patient data of patients who have given so much. At this final project will use the method ontology Tove in building a flexible data model EMR. In building this hierarchy of EMR data model, used by the Protege tool using the SPARQL query.

In this case, the method of retrieving the ontology Tove has a relatively better than other methods. Whereas in doing the update, Tove method can update correctly on the appropriate class.Keyword: EMR, Ontology, TOVE, protégé, SPARQL.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis Metode Ontologi TOVE Untuk Membangun Model Data Electronic Medical Record (EMR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Defy Dwi Murpy
Perorangan
Suyanto, -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini