Implementasi Metode Enkripsi Blowfish pada Chatting dan File Transfer Instant Messenger terhadap Keamanan dan Performansi

Dika Anjar Pratiwi

Informasi Dasar

113080261
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Keberadaan Instant Messaging semakin mendukung kemudahan komunikasi. Salah satu penyedia layanan Instant Messaging yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah Yahoo!. Dengan melalui protokol Yahoo!, paket data ditransmisikan dalam bentuk plainteks. Hal ini rentan terhadap serangan yang dapat dilakukan ketika paket data sedang dikirimkan dari atau menuju pengguna layanan yang sedang berkomunikasi. Untuk mengatasi permasalahan keamanan tersebut, maka dibangun aplikasi yang dapat mengenkripsi paket data.

Aplikasi yang dibangun pada Tugas Akhir ini menggunakan bahasa pemrograman Java yang mana antarmuka dari aplikasi ini terintegrasi dengan API jYMSG dan paket enkripsi. Enkripsi yang digunakan adalah dengan algoritma Blowfish karena menyesuaikan dengan karakteristik Blowfish yang cepat, kompak, sederhana, dan memiliki keamanan yang variabel.

Proses enkripsi dilakukan sebelum paket data di transmisikan dari client menuju server. Enkripsi merubah plainteks menjadi karakter-karakter acak cipherteks. Hal ini akan lebih mempersulit ketika paket data diserang oleh Attacker.Sedangkan proses dekripsi dilakukan ketika perangkat lunak menerima pesan dari server dan dengan kunci yang sama untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Digunakan IMMonitor Yahoo Messenger Spy untuk melihat isi paket data di jaringan.

Aplikasi yang dibangun dapat meningkatkan keamanan tanpa mempengaruhi performansi sistem dilihat dari runtime dan free memory.

Kata Kunci : Instant Messaging, Yahoo!, jYMSG, Blowfish, Enkripsi, Dekripsi, IMMonitor Yahoo Messenger SpyABSTRACT: Instant Messaging supports the existence of the ease of communication. One of the Instant Messaging service that is widely used by the public is Yahoo!. With Yahoo! Protocol, data packets are transmitted in plaintext form. It is vulnerable to attacks that data when the data packets are being sent from or to users who are communicating. Therefore, in this project, an application that can encrypt the data packet had been built to address these security issues.

Application built on this final project is using the Java programming language in which the interface of the application integrated with the API jYMSG and packet encryption. The Encryption with Blowfish algorithm is used for adjusting the characteristics of the Blowfish that is fast, compact, simple, and has a variable security.

Encryption process performed before the data packet is transmitted from client to server. Encryption transform plaintext into cipher text random characters. This will be more difficult when the data packet being attacked by Attacker. The decryption process performed when the application receives a message form server and with the same key for encryption and decryption.IMMonitor Yahoo Messenger Spy used to view the contents if data packets on the network.

Application can improve security without affecting the performance of system that seen from the runtime and free memory.

Keyword: Instant Messaging, Yahoo!, jYMSG, Blowfish, Encryption, Decryption, IMMonitor Yahoo Messenger Spy

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi Metode Enkripsi Blowfish pada Chatting dan File Transfer Instant Messenger terhadap Keamanan dan Performansi
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dika Anjar Pratiwi
Perorangan
Maman Abdurohman, Setyorini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini