Analisis Dan Implementasi Real-Time Wearable Health Monitoring Menggunakan Metode Fuzzy Classifier Pada Portal Website yang Terintegrasi Dengan Mobile Application Berbasis Android (Studi Kasus Pendeteksian Kelainan Jantung Arrhythmia)

Evan David Kristian

Informasi Dasar

113080244
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penyakit jantung saat ini masih menjadi pembunuh nomor satu didunia bahkan di indonesia. Arrhythmia adalah suatu kelainan jantung dimana terjadi ketidakstabilan ritme detak jantung yang bisa berakibat kematian. Arrhythmia sendiri memiliki beberapa jenis klasifikasi, diantaranya Sinus Bradikardi, Normal, dan Sinus Takikardi. Penderita penyakit jantung ini bisa mengalami ketidakstabilan kapan saja, untuk itu perlu dilakukan monitoring secara berkala.

Permasalahan yang muncul adalah untuk melakukan monitoring, penderita harus datang kerumah sakit. Hal ini memakan banyak biaya dan waktu. Untuk kasus tertentu, misalnya atlet, monitoring secara langsung saat atlet melakukan aktifitas perlu dilakukan untuk meminimalkan resiko dari serangan jantung yang terjadi secara tiba tiba.

Tugas Akhir ini mengimplementasikan metode Fuzzy Classifier untuk klasifikasi kelainan jantung Arrythmia dengan menggunakan data dari sensor yang dipakai oleh pengguna. Sensor yang digunakan menghasilkan data heartrate, data ini selanjutnya akan diproses oleh sistem untuk mengetahui kondisi jantung dari pengguna. Sistem yang dibangun memanfaatkan teknologi mobile dan teknologi website. Analisa dilakukan terhadap akurasi hasil klasifikasi pada tahap pengujian.Kata Kunci : Penyakit Jantung, Arrhythmia, Heartrate, Fuzzy Classifier.ABSTRACT: Heart disease is still the number one killer in the world even in Indonesia. Arrhythmia is a condition where the heart’s beat rhythms are unstable which could causes dead. Arrhythmia itself has some kind of classification, such as Sinus Bradycardia, Normal, and Sinus Tachycardia. Patients with heart disease may experience unstable heart’s rhythms at any time, it is necessary to do periodic monitoring.

The problem is, to do the monitoring, patient has to come to the hospital. It takes a lot of time and money. For certain cases, such as athletes, direct monitoring when athletes perform activities is necessary to minimize the risk of heart attacks that occur suddenly.

This final assignment implements Fuzzy Classifier methods to classify the Arrythmia heart disosder using data from sensors worn by the user. Sensors produce heartrate data. This data will be processed by the system to determine the user’s heart condition. The system is built utilizing mobile technology and web technology. The analysis includes the accuracy of the classification results at testing process.Keyword: Heart Disease, Arrhythmia, Heartrate, Fuzzy Classifier.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis Dan Implementasi Real-Time Wearable Health Monitoring Menggunakan Metode Fuzzy Classifier Pada Portal Website yang Terintegrasi Dengan Mobile Application Berbasis Android (Studi Kasus Pendeteksian Kelainan Jantung Arrhythmia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Evan David Kristian
Perorangan
Achmad Rizal, Warih Maharani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini