Analisis Performansi Protokol SCTP dengan Partial Reliability (PR-SCTP) pada Trafik MPEG-4

Putri Dwi Noor Ramadhania Sari

Informasi Dasar

113080211
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada protokol transport SCTP reliabilitas dan mekanisme retransmisi dari hilangnya paket bisa saja menjadi bottleneck pada jaringan serta menyebabkan delay yang besar. Ada saat dimana menjadi sangat penting untuk membuang beberapa paket yang hilang selama menunggu paket diretransmisi. Protokol original SCTP tidak dirancang khusus untuk menangani mekanisme tersebut, untuk itu dibutuhkan sebuah ekstensi protokol yang dapat mendukung protokol SCTP dalam melakukan mekanisme tersebut.
Pada tugas akhir ini bertujuan untuk melihat dan membandingkan performansi antara protokol SCTP dan PR-SCTP saat menggunakan trafik MPEG-4 berdasarkan parameter throughput, delay, dan loss rate. Tugas akhir ini disimulasikan menggunakan Network Simulator dengan patching trafik video MPEG-4 dengan model Transform-Expand-Sample (TES). Pada implementasi di Network Simulator, PR-SCTP akan di set dengan level reliability yang berbeda, kemudian di bandingkan dengan SCTP pada jaringan yang berbeda.

Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa protokol PR-SCTP pada level reliability sama dengan 0 dan 1 akan menunjukan delay yang lebih kecil dan throughput yang lebih besar daripada protokol SCTP.Kata Kunci : PR-SCTP, SCTP, MPEG-4, Partial Reliability SCTPABSTRACT: In the SCTP transport protocol reliability and retransmission mechanisms of packet loss could be a bottleneck on the network and cause a great delay. There are conditions when becomes very important to discard some packets are lost while waiting retransmission package. Original SCTP protocol was not designed specifically to handle such a mechanism, for it takes a protocol extension to support the SCTP protocol in conducting such a mechanism.
At this final project aims to look at and compare the performance of the protocol SCTP and PR-SCTP when using MPEG-4 traffic based on parameters throughput, delay, and loss rate. The final task is simulated using Network Simulator with patching MPEG-4 video traffic model with Transform-Expand-Sample (TES). In the implementation of the Network Simulator, PR-SCTP will be set with different levels of reliability, then compare it with SCTP in different issues.

Based on the test results it was found that PR-SCTP protocol at the level of reliability equal to 0 and 1 will show a smaller delay and larger throughput than SCTP protocol.Keyword: PR-SCTP, SCTP, MPEG-4, Partial Reliability SCTP

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Performansi Protokol SCTP dengan Partial Reliability (PR-SCTP) pada Trafik MPEG-4
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Putri Dwi Noor Ramadhania Sari
Perorangan
Maman Abdurohman,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini