Analisis dan Implementasi QoS untuk layanan VoIP pada IMS dengan menggunakan Teknik Antrian LLQ dan CBWFQ

Jenius Boris Maradu Gultom

Informasi Dasar

113080178
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi jaringan saat ini yang menuju ke arah NGN (Next Generation Network) dimana pada NGN tersebut diimplementasikan semua jaringan yang ada akan berbasis IP. Salah satu teknologi yang akan menjadi standar NGN yaitu teknologi IMS (IP Multimedia Subsytem), IMS merupakan teknologi yang pada dasarnya mengintegrasikan layanan-layanan data, voice dan beberapa aplikasi multimedia lain nya diatas infrastruktur jaringan IP.
Jaringan IP yang digunakan oleh IMS memiliki kemampuan atau resource yang terbatas terutama jika kebutuhan resource yang tersedia lebih kecil daripada yang dibutuhkan dikarenakan jaringan ini digunakan oleh berbagai macam aplikasi multimedia. Untuk itu diperlukan penanganan kualitas layanan atau biasa disebut dengan Quality of Service (QoS). QoS memiliki kemampuan untuk memberikan jaminan kualitas, salah satunya adalah dengan menggunakan strategi antrian untuk meningkatkan beberapa parameter QoS seperti fairness, delay, packet lost, dan jitter menjadi lebih baik ketika kongesti atau kemacetan terjadi.
Pada tugas akhir ini QoS digunakan untuk meningkatkan kualitas dari aplikasi yang didukung oleh teknologi IMS terutama aplikasi yang bersifat realtime seperti VoIP. Dari hasil percobaan yang dilakukan teknik antrian LLQ lebih unggul dari pada CBWFQ untuk menjamin QoS aplikasi IMS VoIP dengan nilai packetloss terbaik, delay dan jitter terkecil sementara untuk nilai fairness tergantung dari spesifikasi bobot yang ditentukan oleh user untuk menemukan keseimbangan yang terbaik dalam pengelolaan resource jaringan.
Kata Kunci : IMS, VoIP, QoS, LLQ, CBWFQABSTRACT: Development of network technologies currently heading towards NGN (Next Generation Network) which will be implemented on all IP-based networks. One technology that will become the standard technology of NGN is IMS (IP Multimedia Subsytem), IMS is basically a technology that integrates the services of data, voice and some of other multimedia applications over IP network infrastructure.
The ability or resources of IP networks used by the IMS are limited, especially when available resources is smaller than needed because the network is used by mulptiple of multimedia applications. It is necessary for handling the quality or commonly referred to Quality of Service (QoS). QoS has the ability to provide quality assurance, which is by using a queue strategy to improve QoS parameters such as fairness, delay, packet loss, and jitter when congestion occurs on the network.
In this final Project QoS is used to improve the quality of the applications supported by IMS technology especially a realtime applications such as VoIP. From the results of experiments LLQ queue techniques are better from CBWFQ to ensure the QoS of VoIP IMS applications with the best packetloss value, smaller delay and jitter, while the value of fairness depends on the weight specifications set by the user to find the perfect balance for maintain network resources.
Keyword: IMS, VoIP, QoS, LLQ, CBWFQ

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis dan Implementasi QoS untuk layanan VoIP pada IMS dengan menggunakan Teknik Antrian LLQ dan CBWFQ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jenius Boris Maradu Gultom
Perorangan
Vera Suryani, Gandeva Bayu Satrya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini