Artificial Immune System dengan Algoritma Genetika untuk Host-based Intrusion Detection System

Tisha Clarissa

Informasi Dasar

113080172
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Meskipun perkembangan teknologi semakin canggih, ancamannya pun juga semakin beragam, terutama dalam masalah keamanan. Salah satu penanganan keamanan sistem dan jaringan yang banyak dikembangkan adalah IDS (Intrusion Detection System). Sistem pendeteksi intrusi ini sudah banyak dikembangkan, salah satunya adalah dengan menerapkan algoritma Artificial Immune System (AIS) yang mengadaptasi dari sistem kekebalan tubuh manusia. Ide awal dari penggunaan AIS untuk IDS ini adalah karena IDS merupakan suatu sistem yang diharapkan mampu menghalau intrusi-intrusi anomali atau serangan yang dapat merugikan sistem sedangkan AIS sendiri diadaptasi dari sistem kekebalan tubuh manusia yang dapat menghalau virus-virus serta bakteri yang dapat merugikan tubuh manusia.

Metode ini digabungkan dengan proses-proses evolusi algoritma genetika seperti rekombinasi dan mutasi untuk menghasilkan detektor-detektor yang lebih optimal.

Sistem ini akan menghasilkan rules atau aturan-aturan untaian biner yang merupakan detektor yang diharapkan dapat mendeteksi jika ada serangan pada sistem.Kata Kunci : sistem deteksi intrusi, artificial immune system, algoritma genetikaABSTRACT: Even the technology is more sophisticated, the threats are also more variative, especially in security system. One of the ways to handle the security and network system is IDS (Intrusion Detection System). This intrusion detection system has been developed and one of the develpements is using Artificial Immune System (AIS) algorithm which was adapted from human immune system. The idea of using AIS for IDS is because IDS is a system that is expected to detect the anomaly intrusions or the attacks that can harm the system while AIS is adapted from the human immune system that surely can detect and handle the viruses and bacteria that can harm the human body.

This method is combined with the evolusion proceses in genetic algorithm like crossover and mutation to produce the more optimal detectors. This system will produce the binary string rule that is the detectors that are expected to detect if there may be attacks on system.Keyword: intrusion detection system, artificial immune system, genetic algorithm.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Artificial Immune System dengan Algoritma Genetika untuk Host-based Intrusion Detection System
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tisha Clarissa
Perorangan
Suyanto,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini