Analisis dan Implementasi ECA untuk Memecahkan Masalah Pemotongan Stok Dua Dimensi Persegi Panjang

Friska Riauni Ulfianita

Informasi Dasar

113080150
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Cutting Stock Problem (CSP) merupakan masalah optimasi kombinatorial yang banyak ditemui dalam dunia industri seperti di industri baja. Tujuan penyelesaian masalah ini adalah untuk mengoptimalkan pemakaian stok dalam memenuhi semua permintaan orderserta meminimalkan sisa pemakaian stok.

Dalam memenuhi tujuan tersebut maka salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan salah satu algoritma optimasi yang ada. Di samping itu, diperlukan juga suatu algoritma pencarian yang berfungsi untuk menyatakan bahwa kombinasi order yang didapatkan merupakan sebuah solusi yang valid atau tidak dari permasalahan tersebut.Hal ini digambarkan dalam visualisasi penempatan.

Maka, salah satu pemecahannya adalah dengan menerapkan Evolutive Constructive Algorithm (ECA).Algoritma ini menggabungkan konsep optimasi berbasis evolusi pada Algoritma Genetika dimanafungsi heuristiknya berdasarkan teknik pencarian dari Algoritma AAO*. Jadi, ECA berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Parada, menghasilkan sistem yang optimal dan sesuai dengan permasalahan yang ada [8]. Untuk itu, penulis ingin membuktikan algoritma ECA mampu menghasilkan solusi optimal pada jenis kasus apapun.

Dari pengujian yang dilakukan, dengan lebar stok yang terbatas hasil terbaik yang diperoleh adalah 95,24% pada Kasus Jakobs 25 order dan 50 order. Sedangkan dalam kasus Risna 13 order mendapatkan akurasi tertinggi sebesar 93.02%. Pada kasus Jakobs dengan lebar stok tidak terbatas solusi yang dihasilkan cenderung lebih kecil dibandingkan pada stok yang terbatas. Berbanding terbalik dengan kasus Risna, hasil yang dihasilkan lebih besar dibandingkan dengan hasil pada stok yang terbatas.

Kata Kunci : Cutting Stock Problem, Evolutive Constructive Algorithm, order, stockABSTRACT: Cutting Stock Problem (CSP) is a combinatorial optimization problem that commonly found in industries such as in the steel industry. The purpose is to optimize the use of stock in order to fulfill all demands and minimize trim loss.

To meet that goal then offered one solution is to adopt one of the existing optimization algorithms. In addition, also required a search algorithm that is used to declare that a combination of an order is obtained is a valid solution of the problem or not. This is depicted in the visualization of the placement.

So, one solution is to apply Constructive Evolutive Algorithm (ECA). This algorithm combines the concept of evolution optimization based on Genetic Algorithms where the heuristic function based on concept of searching from AAO* algorithm. Thus, ECA based on testing by Parada, ECA will result in optimal system and in accordance with the existing problems [8]. Therefor, researcher will prove ECA could result optimal solution in all of the cases.

From testing, with limited stock the best results are 95,24% obtained in Jakobs 25 order and Jakobs 50 order’s case. For Risna 13 order’s case, the best result is 93.02%. In Jakobs with unlimited stock result that obtained smaller than limited stock. Different from Risna, result that bigger than limited stock.

Keyword: Cutting Stock Problem, Evolutive Constructive Algorithm, order, stock

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi ECA untuk Memecahkan Masalah Pemotongan Stok Dua Dimensi Persegi Panjang
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Friska Riauni Ulfianita
Perorangan
Agung Toto Wibowo, Mahmud Dwi Suliiyo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini