ANALISIS METODE UPON UNTUK MEMBANGUN MODEL DATA OBAT PADA XML

Dioryto Clarakrina E

Informasi Dasar

113080113
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini, perkembangan jumlah dan jenis obat-obatan yang beredar saat ini sangat banyak dan bervariasi sehingga hampir tidak mungkin untuk menghapalkan informasi mengenai semua obat. Selain itu, masih kurangnya tempat penyimpanan informasi obat yang fleksibel dan dapat menampung banyak data walaupun terus terjadi penambahan data secara besar-besaran. Hal ini seringkali menyebabkan konsumen obat hanya mengkonsumsi tanpa mengetahui efeknya yang dapat saja memberikan efek interaksi obat.

Salah satu cara untuk membangun tempat penyimpanan data yang fleksibel dan berskala besar adalah dengan model data ontologi. Melalui model data ontologi, selain dapat memudahkan untuk proses update data apabila terjadi perubahan-perubahan, dapat juga memberikan hasil retrieve yang tepat dan dengan kecepatan yang maksimal. Model data ontologi ini diterapkan dengan bahasa OWL dan dengan metode UPON. Model data ontologi dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Protégé 3.4.8.

Pada tugas akhir ini, akan dirancang sebuah model data ontologi obat yang fleksibel dan scalable. Model data ontologi ini akan diterapkan ke dalam sebuah aplikasi yang dibangun dengan menggunakan JENA API dan bahasa pemrograman JAVA. Untuk pengujian kecepatan retrieve, model data ini diuji dengan query SPARQL. Hasilyang diperoleh adalah suatu model data ontologi yang memberikan kemudahan dalam proses update dan memberikan hasil maksimaal pada saat melakukan pencarian.Kata Kunci : JENA, Interaksi obat, Model data, Obat, Ontologi, OWL, UPON, SPARQLABSTRACT: Nowadays, the development of drug which available in society becomes larger and more varied. This is one reason that it is almost impossible to remember all the information that drug has. Beside that, there is lack of drug information repository which is flexible and can accommodate many kinds of data, even it will continue to add more data everytime it has new kind information. This is often causes the consumer to consume drug without knowing the effect of drug interactions.

One way to build a flexible data storage and scalable is by using ontology method. By ontology, it makes easier to update data if there is a change and it also can give the appropriate result fastly from searching. Ontology data modelling will be built by using OWL language amd with UPON Methodology. This ontology data modelling will also be developed by using tools Protégé 3.4.8.

In this final project, there will be a design for ontology data modelling which can be flexible and scalable. This ontology data modelling will be used in an application that will be built by using JENA API and JAVA Programming Language. For testing the speed of retrieve, this data modelling will be tested by using SPARQL query.Keyword: JENA, Data Modelling, Drug interactions, Ontology, OWL, UPON, SPARQL.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

ANALISIS METODE UPON UNTUK MEMBANGUN MODEL DATA OBAT PADA XML
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dioryto Clarakrina E
Perorangan
Suyanto,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini