Analisis Performansi VoIP Quality Adaptation menggunakan SIP berdasarkan Voice Quality Prediction Model

Saiful Rochman Saputra

Informasi Dasar

113080065
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: VoIP merupakan teknologi komunikasi yang dapat mengirimkan data suara pada jaringan IP. Teknologi ini semakin berkembang dan banyak digunakan pada aktifitas sehari-hari karena memiliki banyak kelebihan sepertidapat mereduksi biaya komunikasidan kesederhanaan sistem yang dibutuhkan. Permasalahan yang muncul adalah kualitas suara yang diterima sangat bergantung sekali dengan trafik jaringan internet yang ada, jika network sedang terjadi congestionmaka akan berakibat pada besarnya nilai packet loss dan delay yang didapatkan, sehinga hal ini sangat mempengaruhi kualitas layanan suara yang diberikan.Oleh karena itu,dibangunnya sebuah sistem komunikasi yang mampu beradaptasi dengan kondisi trafik jaringan menjadi suatu solusi alternatif yang dapat diimplementasikan.
VoIP quality adaptation merupakan mekanisme voip yang dapat melakukan adaptasi terhadap kondisi jaringan secara dinamis untuk mengontrol kualitas suara. Salah satu metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah dengan melakukan perubahan codec yang memiliki nilaibit rate yang berbedamenggunakan method re-invite pada SIP. Sehingga ketika kondisi jaringan terjadi congestion maka sistem akan melakukan downgradecodec ke bit rate yang lebih kecil, kemudian ketika kondisi network kembali normal maka sistem akan melakukan upgrade codecke bit rate yang lebih besar untuk menjamin kualitas suara. Parameter traseholdyang digunakan untuk melakukan perubahan codec menggunakan E-model, yang dapat memprediksi besarnya nilai MOS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa VoIP quality adaptationmemiliki performansi yang lebih baik dibandingkan dengan VoIP yang tidak melakukan mekanisme adaptasi. Hal ini ditunjukan dengan besarnya nilai MOS yang lebih besar untuk semua skenario yang diujikan.
Kata Kunci : VoIP quality adaptation, codec, re-invite, SIP, E-model, MOSABSTRACT: VoIP is a communications technology that can transmit voice data in IP network. This technology is growing and mostlyused in daily activities because it has many advantages such us can reduce the cost of communication and simplicity of the system needed. The problem that arises is the speech quality is very dependent of conditions internet network traffic. If network happen congestion, it will cause increasing the value of packet loss and delay. So that is can effect the speech quality of services provided. Therefore the communication system that is able to adapt to network traffic conditions become alternative solution that can be implemented.
VoIP quality adaptation is a mechanism of voip that can adapt basednetwork conditions to control the sound quality. One method used in this thesis is to change the codec that has a different bit rate values using the method re-invite in SIP. So that when the congestion network condistions occur then the system will perform codec downgrade to a smaller bit rate, then when the network return to normal condition, the system will upgrade codec bit rate to ensure the speech quality. Trasehold parameter are used to change the codec using E-model, which is one of method for voice quality prediction.
The result showed that voip quality adaptation has batter performance as compared to voip that not using adaptation mechanism. This is evidenced by the magnitude of the larger MOS value for all scenario tested.Keyword: VoIP quality adaptation, codec, re-invite, SIP, E-model, MOS

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Performansi VoIP Quality Adaptation menggunakan SIP berdasarkan Voice Quality Prediction Model
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Saiful Rochman Saputra
Perorangan
Maman Abdurohman, Anton Herutomo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini