Deteksi Interaksi Obat Menggunakan Algoritma C4.5

Muhammad Lukmanul Hakim

Informasi Dasar

113080024
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Obat merupakan suatu hal yang dibutuhkan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Banyak sekali obat-obat yang beredar dipasaran. Dalam penyembuhan suatu penyakit tidak selalu hanya mengkonsumsi satu obat saja, melainkan diharuskan mengkonsumsi lebih dari satu obat. Dengan hal itu mungkin terjadi interaksi antar obat yang dikonsumsi. Baik menghambat, normal maupun meningkatkan efek satu dengan yang lain.

Dalam tugas akhir ini akan dibangun sebuah sistem untuk mendeteksi interaksi obat dengan output hanya sebatas menghambat, normal dan meningkatkan. Hal ini ditujukan agar orang yang awam mengetahui interaksi obat yang akan diminum. Sehingga mengurangi adanya kasus overdosis dan lain sebagainya. Tetapi keputusan tetap berada di tangan apoteker dan dokter.

Dalam tugas akhir ini menggunakan algoritma C4.5 dengan hasil akurasi akhir yang diuji untuk 300 data obat diatas 97% dan kecepatan pembentukan rule dibawah 450 milisecond. Dalam beberapa atribut yang digunakan terdapat multiple data dalam nilai tertentu
Kata Kunci : C4.5, interaksi, obat, multiple data.ABSTRACT: Drugs is one thing that needed to cure a disease. Many drugs sold in the Market. To cure a disease is not always just taking one drug, but may consume more than one drug. With this situation, possible interaction of drugs consumed either decreased, normal or increased effect with each other.

In this final project will try to build drugs interaction system with only limited output, There are decrease, normal and increase. It is intended to allow ordinary people to know what drugs interaction will consumed. But, the decision of drugs interaction still on pharmacist and physicians side.

In this final project using C4.5 algorithm, from the testing obtained result that system accuracy was 97% for 300 data and build up speed rule under 450 milliseconds. There are multiple drugs used contained in several attributes.
Keyword: C4.5, interaction, drug, multiple data.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Deteksi Interaksi Obat Menggunakan Algoritma C4.5
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Lukmanul Hakim
Perorangan
Suyanto,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini