Sistem Pendukung Pengambil Keputusan dengan Metode Analytic Hierarchy Process dan Neural network (Studi kiasus Penilaian Performansi Vendor di PT Telkom Bandung)

Rahardian Dwi Juliarto

Informasi Dasar

113080003
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem Pendukung Pengambil Keputusan (SPPK) merupakan sistem terkomputerisasi yang digunakan untuk memberikan dukungan kepada penggunanya untuk mengambil keputusan. Sistem ini tidak bertujuan untuk membuat keputusan namun untuk memberikan dukungan untuk membuat keputusan terbaik berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh sistem. Ada banyak permasalahan yang dapat diselesaikan oleh DSS contohnya pemilihan vendor terutama di bisnis enterprise seperti di PT Telkom.

Setiap tahunnya PT Telkom melakukan pengukuran performansi vendor yang digunakan di setiap divisi. Ada delapan kategori yang harus diukur (KITB, KITM, KITK, KGSME, JPAT, TI, Outsourcing, Konsultan) tetapi metode untuk menghitung masih dengan perhitungan konvensional. Dibutuhkan sebuah metode yang lebih canggih yang dapat memberikan rekomendasi kepada pembuat keputusan untuk memilih vendor terbaik.

Dari hasil pengujian didapatkan hasil akurasi sistem adalh sebesar 75% dibandingkan dengan data dari PT Telkom. Mengubah fungsi aktivasi, nilai bias dan input value pada hidden layer akan mempengaruhi hasil dari permodelan. Hasil terbaik yang dihasilkan dari penggunaan fungsi bipolar sigmoid sebagai fungsi aktivasi, nilai bobot bias sebesar 0,07 dan input value sebesar 1/n dimana n adalah jumlah vendor.

Kata Kunci : SPPK, AHP, Neural network, Pemilihan vendorABSTRACT: Decision Support System is a computer based system that can give recommendation for people to make a decision. This system is not buit to make a decision but to support decision maker to make best decision based on information that gained by system. One problem that can be solved by using DSS is vendor selection problem.

Every year PT Telkom measured all vendor that they used in all division. There are eight category vendor that must be measured (KITB, KITM, KITK, KGSME, JPAT, TI, Outsourcing, Konsultan) but the method which used to calculate was still conventional calculation. It is need sophisticated model that can give recommendation to decision maker to choose the best vendor. Model which can be used is AHP and Neural network

From the testing obtained result that system accuracy was 75% comparing with data from PT Telkom. Adjusted activation function, bias and input value in hidden layer also influence in result of model. And the best result is obtained when model using bipolar sigmoid as activation function, bias weight is 0,07 and input value is 1/n where n is number of vendor

Keyword: Decision Support System, AHP, Neural network, Vendor selection

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Sistem Pendukung Pengambil Keputusan dengan Metode Analytic Hierarchy Process dan Neural network (Studi kiasus Penilaian Performansi Vendor di PT Telkom Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rahardian Dwi Juliarto
Perorangan
Arie Ardiyanti Suryani, Bedy Purnama
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini