Implementasi dan Analisis Struktur Data Index SB-tree pada Text Retrieval System

ARDANARISWARI SKRIPIYANTI

Informasi Dasar

113078081
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Text Retrieval System adalah sistem pencari dokumen teks berdasarkan query masukan pengguna. Sistem pencari dokumen teks terdiri dari dua proses yaitu proses pengindeksan dan pencarian dokumen pada koleksi dokumen di sistem.
Pengindeksan adalah proses mengindeks seluruh term dari seluruh dokumen yang tersimpan pada sistem. Pembangunan indeks bertujuan untuk memudahkan sistem menemukan dokumen yang dicari berdasarkan query. Karena hasil dari pengindeksan tersebut adalah informasi dokumen (umumnya dikodekan berupa id) dimana tiap term yang telah terindeks muncul. Sehingga sistem tidak perlu membaca satu persatu dokumen untuk menemukan informasi yang diinginkan (membutuhkan waktu yang banyak dan proses komputasi yang besar [13]). Informasi tersebut tersimpan pada inverted list.
Pada sebuah sistem pencari teks dengan dokumen yang tersimpan sering berubah (penambahan maupun penghapusan dokumen), dibutuhkan struktur inverted list yang mempercepat proses update inverted list untuk mendukung dynamic indexing.
Salah satu struktur inverted list yang mendukung dynamic indexing adalah SB-tree. SB-tree adalah varian spesial dari struktur B(Bayer)-tree yang memiliki informasi tambahan dan format elemen yang spesial pada leaf node. Update inverted list dilakukan dengan mengunjungi node-node yang mendekati id dokumen yang akan diupdate hingga ditemukan id dokumen tersebut. Sehingga sistem tidak perlu menelusuri seluruh id dokumen secara sekuensial.
Proses pencarian dokumen pada Text Retrieval System dilakukan dengan mencocokkan (merge) inverted list dari setiap term pada query. Pada sistem yang mengimplementasikan struktur SB-tree, algoritma yang digunakan untuk proses merge inverted list, dimulai dengan mencari irisan dari seluruh root node dari setiap term pada query. Sistem akan mengunjungi node di bawahnya jika node tersebut beririsan dengan node dari seluruh term lainnya, demikian seterusnya hingga ke leaf node. Dengan algoritma tersebut kinerja sistem dalam menemukan dokumen menjadi efektif dan efisien.
Kata Kunci : Text Retrieval, Text Retrieval System, indexing dan SB-tree.ABSTRACT: Text Retrieval System is used to search text document which relevan to query. Text Retrieval System consists of indexing and searching text document stored in system.
Indexing is a process of storing indices of the term within the document stored in system. It is need a data structure to store the index. To improved performance, this data structure is able to support dynamic indexing, which is especially important for environments where documents are changed frequently.
One of the data structure is called SB-tree. SB-tree is a special variant of B(Bayer)-tree with additional information and special element format that is stored in leaf node.
To update inverted list, system use the bounding boxes from the nodes to ensure that "nearby" elements are placed in the same leaf node (in particular, a new element will go into the leaf node that requires the least enlargement in its bounding box).
Keyword: Text Retrieval, Text Retrieval System, indexing and SB-tree

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Struktur Data Index SB-tree pada Text Retrieval System
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARDANARISWARI SKRIPIYANTI
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Warih Maharani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini