Implementasi & Analisis Simple Object Database Access (SODA) pada Web Services

A Fadyas Nur RN

Informasi Dasar

113078048
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada suatu institusi yang besar dengan banyaknya teknologi yang telah beredar dewasa ini telah melahirkan permasalahan tersendiri bagi institusi, salah satunya adalah bagaimana meng-integrasikan banyaknya sistem dengan berbagai spesifikasi yang berbeda dengan bahasa pemrograman dan Database Management System yang berbeda-beda. Karena dibutuhkan komunikasi di tingkat database untuk dapat mengintegrasikan sistem dengan kesatuan dan keutuhan data.
Metode Simple Object Database Access (S.O.D.A) merupakan salah satu solusi sederhana dalam menyelesaikan kasus integrasi database tanpa repository. Metode Simple Object Database Access (S.O.D.A) dapat diimplementasikan sebagai sebuah Class untuk dapat di akses oleh aplikasi.
Pada Tugas Akhir ini Metode Simple Object Database Access (S.O.D.A) berhasil diterapkan kedalam sebuah class dan mampu menjadi API, untuk kemudian di implementasi dalam web service. Class SODA dapat memperbanyak ragam DBMS yang dapat di akses oleh sebuah program, sedangkan pada web service dapat memperbanyak jenis aplikasi penggunanya. Sehingga jika Class SODA di implementasikan dalam web service akan menghasilkan suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk memperbanyak ragam aplikasi dan data source yang digunakan.
Kata Kunci : Heterogenous Database, Web Service, SODA, APIABSTRACT: In a large institution with many technologies that have been circulating today has spawned its own problems for the institution, one of them is how to integrate many systems with a variety of different specifications with the programming language and Different Database Management System(DBMS). Database level communication needed to be able to integrate database systems with the unity and integrity of data.
Simple Object Database Access (SODA) Method is one simple solution to resolve the case without a repository database integration. Method Simple Object Database Access (SODA) may be implemented as a class to be accessed by the application.
In this Final Project Simple Object Database Access (SODA) Method successfully implemented into a class and make the API, for later in the implementation of the web service. Class SODA can reproduce a variety of DBMS Connection, can be accessed by a program, while at the web service can increase the types of user of applications. If Class SODA implemented in the web service, it will produce a system that has the ability to reproduce variety of applications and data source used.
Keyword: Heterogenous Database, Web Service, SODA, API

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi & Analisis Simple Object Database Access (SODA) pada Web Services
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

A Fadyas Nur RN
Perorangan
Kiki Maulana, Shaufiah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini