Analisis dan Implementasi Pembentukan JPEG Menggunakan Algoritma Huffman dengan Penambahan Selective Quantization

Novi Rahmadi

Informasi Dasar

113071090
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam dunia komputasi dan multimedia banyak sekali standard kompresi citra digital yang digunakan, salah satunya adalah JPEG. Hal ini dikarenakan JPEG mampu memenuhi kebutuhan penyimpanan citra dengan kualitas yang baik dan ruang penyimpanan yang lebih sedikit.Pada tugas akhir ini akan di lakukan analisis dan implementasi pembentukan citra JPEG menggunakan Algoritma Huffman dengan penambahan Selective Quantization.
Pada proses pembentukan JPEG,citra masukan berupa bitmap. Warna pada citra bitmap akan dipisah menjadi YCbCr kemudian dikonversi ke bentuk Discrete Cosine Transform (DCT). Setelah dilakukan DCT, proses selanjutnya adalah perform quantization yang merupakan tahap pembagian hasil matriks DCT dengan matriks standard quantization berdasarkan kualitas yang diinginkan. Selanjutnya adalah proses zig-zag scan, yaitu proses mengurutkan hasil matriks Quantization dengan secara zig-zag dengan menentukan nilai AC dan DC. Sebelum memasuki tahap entropy coding dengan huffman hasil zig-zag diproses terlebih dahulu dengan selective quantization. Proses ini merupakan penurunan satu level pada setiap nilai koefisien DC dan AC yang berkelipatan ±2n. Hasil akhir dari proses ini adalah nilai matriks piksel yang telah dikonversikan dalam bentuk biner. Kemudian nilai biner tersebut dilakukan proses decode untuk menampilkan citra (lossy) dalam bentuk JPEG.
Dari hasil pengujian didapatkan, dengan menggunakan selective quantization kita dapat mengecilkan lagi nilai matriks yang ada, sebelum memasuki tahap entropy coding dengan menggunakan huffman. Sehingga aspek ratio dari segi ukuran pada citra yang disimpan akan membutuhkan ruang penyimpanan yang relatif lebih sedikit, dibandingkan dengan proses pembentukan JPEG yang biasa dilakukan. Namun tidak semua citra berpengaruh terhadap metode selective quantization, karena hasil ukuran dan rasionya akan sama saja walaupun menggunakan metode ini. Untuk itu dalam tugas akhir ini juga dibahas mengenai kriteria citra apa saja yang berpengaruh terhadap selective quantization.
Kata Kunci : ycbcr, dct, quantization, zig-zag, selective quantization, huffmanABSTRACT: In the world of computing and multimedia lot of digital image compression standard is used, one of which is JPEG. This is because JPEG is able to meet the storage needs of both image quality and less storage space. This final project will be the analysis and implementation of the JPEG formation using Huffman Algorithm by addition of Selective Quantization.
In the process of the formation of JPEG, bitmap images as input. Color on bitmap image will be split into YCbCr then converted to Discrete Cosine Transform (DCT). After the DCT, quantization next process is performed that is sharing the stage with matrix DCT quantization matrices based on the quality standards desired. Next up is the zig-zag scan process, is the process of sorting the results by quantization matrix in a zig-zag to determine the value of AC and DC. Before entering the stage with Huffman entropy coding results of zig-zag first processed with selective quantization. This process is the reduction of the level on each DC and AC coefficients are ±2n. The end result of this process is the pixel value matrix that has been converted into binary form. Then the value of the binary decoding process is carried out to display the image (lossy) JPEG form.
From the test results obtained, by using selective quantization we can further shrink the existing matrix values, before entering the stage of entropy coding using Huffman. So that the aspect ratio in terms of the size of the stored image will require more storage space is relatively little, compared with the usual JPEG formation. However, not all image quantization effect on selective method, since the result will be the same size and only ratio although using this method. Therefore in this thesis also discussed the image of what criteria affect the selective quantization.
Keyword: ycbcr, dct, quantization, zig-zag, selective quantization, huffman

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Pembentukan JPEG Menggunakan Algoritma Huffman dengan Penambahan Selective Quantization
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Novi Rahmadi
Perorangan
Ade Romadhony, Ema Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini