Implementasi Algoritma Rijndael (AES)dengan Metode Pertukaran Kunci Diffie-Hellman untuk Pengamanan Pesan pada Instant Messaging

Riyanda Nugraha

Informasi Dasar

113070371
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Instant messaging dapat diterima dan digunakan oleh organisasi untuk menjalankan aktivitas ataupun kegiatan bisnis perusahaan. Namun informasi atau pesan yang dikirimkan melalui instant messaging biasanya masih pesan yang berupa plain text. Tentunya hal ini akan menimbulkan resiko apabila pesan yang dikirimkan berupa informasi sensitif karena akan sangat mudah bagi seorang yang tidak berhak untuk menyadap informasi yang dikirimkan.
Untuk melindungi privasi pesan maka dibutuhkan mekanisme kriptografi yang menjamin bahwa pesan yang dikirimkan hanya dapat dibaca oleh orang yang tepat. Algoritma Rijndael(AES) adalah algoritma simetri yang dapat digunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi pesan yang dikirimkan sedangkan pertukaran kunci Diffie- Hellman adalah metode yang dapat digunakan untuk menjamin pertukaran kunci secara aman antar dua pengguna dimana kunci ini akan digunakan pada algoritma Rijndael.
Dari hasil pengujian yang dilakukan pada instant messaging dapat diketahui bahwa penggunaan algoritma Rijndael(AES) dan Diffie-Hellman Key Exchange relatif dapat menjamin keamanan pesan yang dikirimkan dan tidak memberikan dampak waktu pengiriman pesan yang sangat signifikan bagi pengguna yang menggunakannya.Kata Kunci : pesan, enkripsi, dekripsi, pertukaran kunci, penyerang.ABSTRACT: Instant messaging was accepted and used by business organization to perform their daily business activity. However the information or message that sent by instant messaging application are typically form in plain text. Therefore that will create a risk if sensitive information was sent because it can be read or sniffed by unauthorized users.
For protecting the confidentiality of message, it need the cryptography mechanism to guarantee the information was sent it only can be read by right person. Rijndael algorithm is symmetry algorithm it can be used for process encryption and decryption of message and Diffie-Hellman key exchange is a method for securing key exchange between two users where is the key will be used by Rijndael algorithm.
After the examination was performed in instant messaging, it can be known that Rindael algorithm (AES) and Diffie-Hellman Key Exchange relative can guarantee the security of the message and does not give significant time impact for process sending message to user that performed.Keyword: message, encryption , decryption, key exchange, attacker.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi Algoritma Rijndael (AES)dengan Metode Pertukaran Kunci Diffie-Hellman untuk Pengamanan Pesan pada Instant Messaging
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riyanda Nugraha
Perorangan
Maman Abdurrohman, Setyorini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini