Modifikasi Metode Steganografi Dynamic Cell Spreading (DCS) Pada Citra Digital

Dean Septian

Informasi Dasar

113070359
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Steganografi merupakan suatu seni untuk menyembunyikan informasi pada informasi yang lain. Tujuannya adalah agar informasi yang dikirimkan aman dan tidak diketahui oleh pihak luar. Ada berbagai macam metode dalam steganografi ini. Salah satunya adalah metode Dynamic Cell Spreading yang memiliki kelebihan yaitu pada segi keamanan karena menggunakan arus bit sebagai kunci di metode ini dan pada segi kecepatan karena melibatkan pengalokasian memori. Namun masih terdapat sedikit kelemahan pada arus bit yaitu keterbatasan jarak bit terhadap luas cover yang digunakan.


Pada Tugas akhir ini, akan dilakukan modifikasi pada pembangkitan arus bit untuk mengatasi kelemahan tersebut dan meningkatkan keamanan dengan mempertahankan performansi sistem. Kemudian hasil modifikasi tersebut akan diimplementasikan pada suatu sistem yang dibangun dan dilakukan analisis pada hasilnya. Dengan metode yang digunakan, diperoleh hasil bahwa metode ini berhasil meningkatkan keamanan sekaligus mempertahankan performansi sistem. Hal ini ditinjau dari kualitas citra yang mampu dipertahankan dan waktu proses yang stabil.
Kata Kunci : Steganografi, Dynamic Cell Spreading, modifikasi, arus bit, keamanan,ABSTRACT: Steganography is the art of hiding information on other information. The aim of steganography is to secure information which is transmitted. There are various methods in this steganography. One of them is a Dynamic Cell Spreading method which has advantages in terms of security because it uses a bit stream as a key and in terms of speed as it involves the allocation of memory. But there is still weakness which is the current distance of bits to cover information is still limited.

To overcome this problem, this final project will be carried out modifications to the bit stream generation to overcome the weakness and improve the security while still maintaining system performance. The modification is made by modifying bit stream using PRNG and hash function. Then the results of these modifications will be implemented on a system that is built and further will be analyzed as well. Using this method the security of modified Dynamic Cell Spreading was improved while maintaining system performance.
Keyword: Steganography, Dynamic Cell Spreading, modification, bit stream, security,

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Modifikasi Metode Steganografi Dynamic Cell Spreading (DCS) Pada Citra Digital
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dean Septian
Perorangan
Ari Moesriami Barmawi, Ema Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini