Watermarking Pada Blok Homogen Citra Digital Dengan Fast Hadamard Transform

Khusnul Amri

Informasi Dasar

113070333
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Transformasi Hadamard merupakan salah satu transformasi citra digital yang memiliki waktu pemrosesan yang cepat dan mudah diimplementasikan pada hardware karena matriks transformasinya terdiri dari angka -1 dan 1. Transformasi Hadamard juga dapat digunakan dalam watermarking yang berguna untuk melindungi hak cipta (copyright) dan dapat dikategorikan dalam watermarking yang berbasis blok. Blok-blok citra juga pastinya memiliki karakteristik tertentu, dan salah satunya adalah variansi nilai pada blok.

Penelitian yang dilakukan adalah mengimplementasikan watermarking dengan transformasi Hadamard pada blok-blok citra yang memiliki variansi kecil (atau bisa disebut sebagai blok homogen) guna meningkatkan invisibility dari watermark dan dilakukan pada intensity plane dalam model warna HSI karena perubahan pada plane ini tidak akan berpengaruh banyak pada citra berwarna.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa watermarking dengan transformasi Hadamard pada blok homogen cukup tahan terhadap serangan histogram equalization, sharpening, darkening, resize membesar, dan kompresi JPEG dengan kualitas di atas 60%. Sedangkan untuk serangan mean filtering, blurring, brightening, dan cropping khususnya apabila blok tempat disisipkannya yang hilang, watermarking ini tidak cukup tahan. Selain itu dengan disisipkannya pada blok homogen, kualitas dari citra ber-watermark meningkat dan blok homogen pada citra yang berbeda juga akan memberikan hasil yang berbeda-beda juga.Kata Kunci : watermarking, transformasi Hadamard, berbasiskan blok, blok homogen, intensity plane, HSIABSTRACT: Hadamard transformation is one of digital image transformation that has fast processing time and easy to implement in hardware because its transformation matrix consists number -1 and 1. Hadamard transformation can also be used in watermarking that useful to protect copyright and it can be categorized in a block-based watermarking. Blocks of image also have certain characteristics, and one of the characteristics is the variance value of the block.

The research was conducted to implement watermarking using Hadamard transformation on blocks of image that have small variance (or they can be called as homogeneous blocks) for increasing the invisibility of the watermark and was implemented on intensity plane in HSI color model because modification on this plane will not have much effect on color images.

Results from the research show that watermarking with Hadamard transformation on the homogeneous block is quite resistant to attack the histogram equalization, sharpening, darkening, enlarged resize, and JPEG compression with quality above 60%. Other attacks such as mean filtering, blurring, brightening, and cropping especially when the embedded block is missing, the watermarking is not sufficiently resistant. In addition, the effect of embedding in homogeneous blocks is the quality of the watermarked image had improved and homogeneous block on different image will also give different results as well.Keyword: watermarking, Hadamard transformation, block based, homogeneous block, intensity plane, HSI

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Watermarking Pada Blok Homogen Citra Digital Dengan Fast Hadamard Transform
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Khusnul Amri
Perorangan
Sriyani Violina, Ade Romadhony
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini